Resmi Dikukuhkan, KTNA Muaraenim Diharapkan Perjuangkan Nasib Petani

Kepala Dinas Perkebunan Muaraenim Mat Kasrun melantik Pengurus KTNA Muaraenim di BASS Muaraenim, Rabu (5/12/2018).

Muaraenim, Sumselupdate.com – Sekretaris Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Sumatera Selatan Hj Maryati Ridho, meminta pengurus KTNA Kabupaten Muaraenim harus mampu memperjuangkan hak dan nasib petani dan nelayan supaya menjadi lebih baik lagi di masa mendatang.

Hal ini diungkapnya saat menghadiri pengukuhan dan pelantikan Pengurus KTNA Kabupaten Muaraenim periode 2019-2024, di Balai Agung Serasan Sekundang (BASS) Muaraenim, Rabu (5/12/2018).

Bacaan Lainnya

Maryati berharap, ke depan KTNA memperhatikan kondisi petani yang ada di Bumi Serasan Sekundang agar bisa sejahtera.

KTNA juga diminta menjadi jembatan bagi para petani dengan pemerintah dalam rangka pembangunan pertanian.

“Sesuai bidangnya, KTNA mempunyai tujuan khusus yaitu pengembangan usaha-usaha pertanian. Kemudian memperjuangkan hak petani, serta ikut membimbing penerapan teknologi yang mengarah pada sistem agribisnis, baik hulu maupun hilir,” katanya.

Di samping itu, organisasi ini turut pula diimbau untuk melakukan upaya-upaya peningkatan sumber daya manusia anggotanya.

Di antaranya melalui kaderisasi, mengikuti event-event hingga terlibat dalam pertemuan nasional.

“Tantangan makin berat, tapi kita harus yakin bisa menghadapinya dengan ketulusan, kekompakan dan kesabaran didasari pengetahuan yang luas, dan jiwa sosial yang tinggi,” kata Maryati.

Bupati Muaraenim diwakili Kepala Dinas Perkebunan, Mat Kasrun, dalam sambutannya usai melantik Pengurus KTNA Muaraenim mengatakan, untuk mencapai swasembada pangan harus didukung oleh semua pihak termasuk KTNA.

Maka dengan adanya kepengurusan KTNA di Muaraenim diharap bisa menjadi wadah untuk meningkatkan kemampuan petani sehingga menjadi petani yang mandiri.

“Pemerintah daerah tentunya sangat konsen terhadap pencapaian swasembada pangan. Karena keberhasilan kelompok tani bersama KTNA meningkatkan produksi pangan, juga merupakan keberhasilan pemda. Untuk itu pemda sangat memprioritaskan hal tersebut,” kata Mat Kasrun.

Pemerintah daerah, sambung dia, akan terus berupaya memperluas lahan pertanian sehingga dapat meningkatkan hasil produksi pertanian.

“Bantuan alat dan yang lainnya juga akan terus diberikan. Semua ini tentunya guna mewujudkan Muara Enim untuk rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat, dan Sejahtera,” bebernya.

Sementara itu, Ketua KTNA Muaraenim, Sunarwan mengklaim tingkat kesejahteraan petani di Kabupaten Muaraenim kini telah mencapai angka 65 persen.

Untuk mencapai kesejahteraan menyeluruh terhadap petani, KTNA berharap support pemerintah daerah.

“Saat ini kita perlu dukungan dari pemerintah dari segi perizinan, pembentukan korporasi berbentuk koperasi ataupun unit-unit kelompok tani, dan nelayan yang mampu membeli serta menjualkan hasil pertanian yang nantinya bisa menekan harga dipasaran hingga teraturnya pangsa pasar komoditi pertanian dan perikanan,” harap Sunarwan.

Diketahui, hasil Rembug Paripurna Pemilihan Kepengurusan KTNA Muaraenim, Ketua dijabat oleh Sunarwan, Wakil Ketua H Alamsyah, M Zaki, dan M Rizal. Kemudian Sekretaris dijabat oleh Trimo, serta Bendahara dijabat Surat.

Sedangkan Dewan Penasehat KTNA Muaraenim di antaranya H Hasanudin (Sekda Muaraenim), H Faizal Anwar (anggota DPRD Muaraenim), dan H Taufik Rahman (mantan Sekda Muaraenim). (azw)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.