Ratusan Peserta Ikuti Sosialisasi Bawaslu Sumsel dan Tatap Muka Kelompok Masyarakat Rentan

Suasana sosialisasi

Inderalaya, Sumselupdate.com – Bekerjasama dengan Bawaslu Sumsel dan Bawaslu Ogan Ilir (OI), Bawaslu RI menyelenggarakan sosialisasi dan tatap muka kelompok masyarakat rentan,  di Inderalaya, Selasa (3/12/2019). Peserta antusias bertanya dengan narasumber

Ketua Bawaslu OI Dermawan Iskandar mengatakan  kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Bawaslu RI guna bertemu secara langsung dengan masyarakat, menciptakan pilkada 2020 mendatang yang bersih aman dan jurdil.

Bacaan Lainnya

Ketua Bawaslu Sumsel Iin Erwanto, ST, MM, mengatakan OI adalah daerah yang termasuk 3 kabupaten terbaik di Sumsel untuk pemutakhiran data. Ia berkeinginan masyarakat memberikan partisipasi aktif dalam hal pengawasan dan harus melakukan pengawasan optimal.

“Sebagai pengguna hak pilih bagaimana demokrasi terbangun dengan baik. Kami yakin penyelenggara bersih tidak terjadi hal hal yang tidak diharapkan. Pemilu di Indonesia berbiaya tinggi, prosesnya harus baik sehingga terpilih pemimpin yang dikehendaki,” katanya.

Anggota Bawaslu RI DR Ratna Dewi Petalolo mengatakan sosialisasi dan tatap muka kelompok masyarakat rentan dilaksanakan di 41 titik di 9 provinsi yang akan menyelenggarakan pilkada di Indonesia,  salah satunya di beberapa Provinsi Sumsel

OI merupakan kabupaten kedua dilaksanakannya sosialisasi tatap muka.  Kegiatan ini adalah satu ikhtiar menjaga dan meningkatkan partisipasi pemilihan.

“Bawaslu bersama rakyat mengawasi pemilu.  Karena bawaslu menyakini betul,  tanpa partisipasi masyarakat tidak tercapai pemilu yang jurdil. Pemilu adalah wujud dari kehendak rakyat dan aktor utama dalam pengawasan pemilu. Karena dalam pemilu yang diselamatkan kepentingan rakyat, tidak ada kepentingan lain yang dicapai dalam proses pemilu. Bagaimana harus jujur adil demokratis. Rakyatlah penggerak moral,  mewujudkan pemilu tanpa pelanggaran. Kedepan inisiasi ini difasilitasi masyarakat. Dalam pilkada harus ada persiapan yang dilakukan Bawaslu yaitu persiapan regulasi,  anggaran, sdm dan masyarakat,” jelasnya.  (hen)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.