Puluhan Penyandang Disabilitas Ikuti Sosialisasi Bawaslu Ogan Ilir

Sosialisasi pengawasan partisipatif bersama penyandang disabilitas yang diselenggarakan Bawaslu Ogan Ilir.

Laporan: Henny Primasari

Indralaya, sumselupdate.com – Puluhan orang penyandang disabilitas mengikuti sosialisasi pengawasan partisipatif bersama penyandang disabilitas yang diselenggarakan Bawaslu Ogan Ilir, Jumat (16/9/2022). Sosialisasi tersebut guna meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024.

Read More

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Bawaslu Darmawan Iskandar, Anggota  Bawaslu Idris dan Karlina serta Muslimin. Adapun dalam arahannya Ketua Bawaslu Kabupaten Ogan Ilir Darmawan Iskandar menyampaikan, ajakan kepada kaum disabilitas untuk tidak hanya menjadi objek tetapi juga harus bisa menjadi subjek pada penyelenggaraan Pemilu.

Aspirasi masukan dan harapan kaum disabilitas harus bisa tersampaikan kepada para calon atau para pemangku kebijakan. Selain itu agar kaum disabilitas untuk mengawasi bersama penyelenggaraan Pemilu 2024 agar berkualitas dan berintegritas.

Dikatakannya peserta adalah kaum disabilitas dari berbagai Kecamatan di Ogan Ilir. Menurutnya undang-undang mengatur soal hak setiap warga negara untuk mengikuti Pemilu pada 2024 nanti, termasuk kelompok disabilitas. Mengawal hak konstitusional setiap warga negara termasuk kelompok disabilitas.

Salah satu peserta warga Kecamatan Inderalaya Fahmi mengatakan tertarik mengikuti kegiatan tersebut dikarenakan ingin belajar dan berdiskusi soal kepemiluan.

“Kelompok disabilitas mungkin belum banyak diketahui oleh penyelenggara, sehingga hal ini bisa didiskusikan agar penyelenggara juga memahami apa yang perlu diperhatikan oleh penyelenggara terhadap disabilitas pada penyelenggaraan Pemilu. Selain itu kami juga ingin belajar soal kepemiluan dengan Bawaslu Ogan Ilir,” ujarnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.