Puluhan Calon PKD Terindikasi Terdaftar di Parpol

Rabu, 4 Maret 2020
Komisioner Bawaslu PALI Divisi Pengawasan Iwan Dedi

PALI, Sumselupdate.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menemukan puluhan calon Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) terindikasi menjadi anggota Partai Politik (Parpol).

Temuan tersebut didapatkan setelah dilakukan pengecekan melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Padahal, pengumuman calon PKD tersebut bakal dilakukan pada 12 Maret mendatang.

Bacaan Lainnya

Ketua Bawaslu PALI, Heru Muharam melalui Komisioner Bawaslu PALI Divisi Pengawasan, Iwan Dedi mengatakan, berdasarkan hasil pengawasan di Sipol terdapat beberapa nama calon PKD terdaftar sebagai keanggotaan Parpol.

“Tentu ini jadi temuan kami dan bakal dipanggil nama-nama bersangkutan untuk dimintai klarifikasi,” katanya saat dibincangi, Rabu (4/3/2020).

Dijelaskannya, alasan adanya kesempatan klarifikasi, berdasarkan pengalaman sebelumnya, saat diminta klarifikasi yang bersangkutan merasa tidak mengetahui kalau dirinya terdaftar di salah satu parpol, lantaran yang bersangkutan tidak pernah memberikan identitasnya untuk parpol.

“Setelah mendengar klarifikasi, yang memang tidak pernah mendaftar sebagai anggota parpol untuk membuat pernyataan yang ditandatangani ketua parpol di atas materai. Tapi yang terbukti, dianggap gugur,” jelasnya.

Iwan Dedi menyebutkan, jumlah nama-nama calon PKD yang terdaftar sebagai anggota parpol terbanyak dari Kecamatan Tanah Abang.

“Tanah Abang ada 11 nama yang terdaftar sebagai anggota parpol. Kecamatan Abab ada delapan orang, Penukal ada satu orang, Penukal Utara ada 10 orang serta Talang Ubi ada empat orang. Tapi mereka tidak serta merta mereka gugur, tetap akan kita pinta klarifikasi,” terangnya.

Diterangkannya, untuk pengawasan selain penjaringan PKD, pihaknya juga bakal memperlakukan sama terhadap penjaringan calon Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Nanti setelah kita menerima pengumuman hasil tes tertulis, kita juga bakal cek di Sipol nama-nama calon PPS,” tukasnya. (adj)


Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.