Puluhan Aktivis HMI Geruduk Polda Babel

Suasana aksi yang dilakukan kader HMI Babel

Pangkalpinang, Sumselupdate.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bangka Belitung menggeruduk Markas Polisi Daerah (Mapolda) Bangka Belitung, Jumat (23/9/2016). Anggota kepolisian sempat dibuat kalang kabut lantaran demonstrasi aktivis HMI ini mendadak dan para anggota polisi sedang tidak siap di tempat.

Aksi yang dilakukan sekitar 30 anggota HMI ini dilakukan berdasarkan instruksi PB HMI untuk turun ke jalan mendesak Polri sebagai penegak hukum untuk tegas dalam menyelesaikan kasus yang menimpa keluarga besar HMI, seperti pencemaran nama baik oleh Saut Situmorang, penganiayaan aparatur pemerintahan yang mengakibatkan luka fisik anggota HMI di cabang Ternate, serta pembakaran atribut kebesaran HMI yang dilakukan oleh oknum di Makassar.

Bacaan Lainnya

Selain itu, HMI Babel juga meminta KPK agar berani membuka secara transparan kasus mega skandal yang mengakibatkan kerugian negara sebesar triliunan rupiah.

“KPK harus berani membuka kembali kasus yang selama ini menjadi misteri, BLBI dan Bailout Century. Jangan hanya melakukan operasi tangkap tangan (OTT), yang nilainya tidak sesuai dengan anggaran untuk mengusut kasus, seperti yang dilakukan KPK terhadap Ketua DPD RI Irman Gusman,” teriak Saipul, Kabid Pembinaan Anggota HMI Babel dalam orasinya.

Sempat terjadi aksi saling dorong antara anggota HMI dan aparat kepolisian lantaran permintaan yang diajukan HMI untuk meminta pejabat polisi yang berwenang turun menemui tidak kunjung dikabulkan.

Situasi mulai mendingin ketika bagian Humas Polda Babel, AKBP Maladi menemui dan mengapresiasi atas aksi kader organisasi mahasiswa keislaman tersebut.

“Saya berterimakasih kepada adik-adik HMI karena dengan tertib menyampaikan aspirasinya, inilah yang kita harapkan agar bangsa ini tidak terpecah-belah dan lebih menguatkan dalam persatuan di NKRI ini,” ujar Maladi. (anj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.