PT Pertamina Dirikan Universitas

Kamis, 11 Februari 2016

Jakarta, Sumselupdate.com

PT Pertamina (Persero) meresmikan pendirian Universitas Pertamina pada Kamis (11/2/2016). Pendirian universitas ini merupakan wujud kontribusi Pertamina pada masyarakat Indonesia melalui penyelenggaraan kegiatan pendidikan tinggi.

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan perwujudan kontribusi Pertamina kepada masyarakat,” ungkap Direktur Utama PT. Pertamina, Dwi Soetjipto dalam acara peluncuran Universitas Pertamina di Jakarta, Kamis (11/2). Turut hadir dalam peresmian ini Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir.

Menurut Dwi, peresmian Universitas Pertamina ini juga menjadi langkah awal untuk membangun individu yang kompeten dan mampu bersaing di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Universitas ini, imbuhnya, akan didukung 90 dosen berkualifikasi S2 dan S3, selain 225 tenaga penunjang. Lalu untuk pengelolaan asetnya, Pertamina telah menunjuk Pertamina Foundation.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Umar Fahmi mengatakan, mulai 2016 hingga 2020, Pertamina fokus kepada penyediaan infrastruktur dasar yang meliputi pembangunan kampus I, ruang kuliah, laboratorium, dan penyiapan sistem pembelajaran dan administrasi. “Pada 2021, pembangunan kampus utama dan pengembangan pusat kegiatan mahasiswa ditargetkan dimulai,” katanya.

Ditambahkan Fahmi, Pertamina Foundation mengalokasikan dana Rp 680 miliar untuk lima tahun ke depan bagi pengembangan Universitas Pertamina.

Universitas Pertamina menempati lahan seluas 6,5 hektare di kawasan Simprug, Jakarta Selatan, dan akan menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2016/2017, Juli mendatang. Universitas ini mempunyai 15 program studi strata-1 di enam fakultas, yang meliputi Fakultas Teknologi Eksplorasi, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Perencanaan Infrastruktur, Fakultas Sains, dan Fakultas Komunikasi dan Diplomasi (shn).

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.