Proyek Sumur Bor Mendadak Semburkan Gas, BPBD OKU Timur Minta Warga Waspada

Pengerjaan sumur bor yang menyeburkan gas di Desa Teko Rejo, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (5/8/2022) sore.

Laporan: Rahmat Agusman

Martapura, Sumselupdate.com – Warga Desa Teko Rejo, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan dikejutkan dengan semburan gas bumi yang berasal dari pengerjaan sumur bor, Jumat (5/8/2022) sekitar pukul 17.45 WIB.

Read More

Diketahui pengeboran sumur bor tersebut telah dilakukan selama tiga hari dengan kedalaman 150 meter.

Namun nahasnya pada saat dilakukan pengangkatan pipa, ternyata lubang yang dibuat menyemburkan gas bumi. Tak pelak, pengerjaan pun terpaksa dihentikan.

“Baru delapan pipa yang diangkat lalu gas ikut keluar, jika diukur kedalaman kurang lebih 24 meter,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Timur Mgs Habibullah.

Habibullah menjelaskan, jika semburan gas tersebut semakin lama semakin kuat, sehingga untuk menutup aliran gas yang keluar ini diperlukan tim alih, karena dikhawatirkan gas yang keluar dari perut bumi ini menyebar ke pemukiman warga.

“Telah dilakukan pengecekan dengan menggunakan gas detector oleh operasional PGN, didapati nilai gas terlalu tinggi, tetapi belum juga diketahui kandungan gasnya,” paparnya.

Untuk itu, BPBD OKU Timur meminta bantuan kepada PGN Belitang Seasion 4 Area Lampung untuk mengecek semburan gas dengan menggunakan alat detektor.

Kawasan sumur bor yang menyeburkan gas dipasang pengumuman imbauan kepada warga Desa Teko Rejo, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (5/8/2022) sore.

“Dari hasil yang didapat, nilai gas bumi tersebut lebih dari 100 persen, karena dinilai akan membahayakan warga, sementara lokasi kejadian telah diberikan garis polisi sepanjang 25 meter agar menjadi jarak aman bagi masyarakat,” katanya.

Ditambahkan Habibullah, selain imbauan agar warga waspada, Satgas Penanggulangan Bencana Daerah OKU Timur akan selalu memonitor, memberikan informasi, dan telah melakukan sosialisasi kepada warga sekitar melalui Satgas agar selalu berhati-hati agar tidak menyalakan api. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.