Program Pemutihan, Wajib Pajak di Lahat Meningkat Hingga 100 Persen

Petugas di UPTD Samsat Lahat I memberikan penjelasan kepada salah seorang pengunjung.

Laporan: A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Setelah pemberlakuan program pemutihan pajak dari Gubernur Sumsel, jumlah orang yang membayar pajak di UPTD Samsat Lahat I meningkat hingga 100 persen.

Read More

Plh Kepala UPTD Samsat Lahat I Juniansyah, SE, MM, mengatakan, peningkatan terlihat setelah program tersebut berjalan 11 hari, setiap harinya wajib pajak datang untuk membayar mencapai 350 hingga 400 orang.

“Dibandingkan hari biasanya, pembayar pajak hanya berkisar antara 150 hingga 200 orang per hari, setelah adanya program pemutihan ini, maka wajib pajak yang membayar di UPTD Samsat Lahat I meningkat hingga seratus persen, atau bisa dua kali lipat dari biasanya,” kata dia, Senin (11/10/2021).

Juniansyah mengatakan, masyarakat Kabupaten Lahat sangat menyambut baik program yang diberikan Gubernur Sumsel itu, sehingga pendapatan dibidang perpajakan kendaraan turut meningkat.

“Pemprov Sumsel mulai memberlakukan program pemutihan ini sejak 01 Oktober dan akan berakhir pada 31 Desember, artinya program ini hanya 3 bulan berlakunya, diharapkan masyarakat Kabupaten Lahat memanfaatkan program ini dengan sebaik baiknya,” ujar dia.

Wajib Pajak mengantri di UPTD Samsat Lahat I.

Program pemutihan pajak kendaraan itu berupa penghapusan denda telat pajak, BBNKB, PKB dan pajak progresif.

“Warga hanya membayar pokok pajak saja, misal kendaraan bermotor mati pajak 2 tahun, maka pemilik hanya membayar pokok pajak saja, tanpa membayar denda dan bunganya,” terangnya.

Sementara itu, Surya Dharma salah seorang wajib pajak mengaku, telah memanfaatkan program pemutihan itu dengan sebaiknya.

“Saya punya kendaraan bermotor 2 unit, semuanya telat pajak, ada yang satu bulan, namun saya memanfaatkan program ini untuk membayar pajak, karena bebas denda karena telat. Saya rasa, program ini sangat bagus dimanfaatkan, apalagi bagi mereka yang telah telat hingga beberapa tahun,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.