Longsor di Tepian Sungai Kikim Ancam Rumah Warga

Seorang warga menunjukkan potensi rumahnya dengan longsor dekat dekat Sungai Kikim.

Laporan: A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Longsor yang terjadi di tepi Sungai Kikim tepatnya di Desa Cecar, Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan semakin meluas. Bahkan hanya bersisa satu meter dari bangunan rumah warga.

Read More

Gina Puspita salah seorang pemilik rumah mengatakan, longsor sudah terjadi sejak setahun lalu.

Menurut dia, dulu jarak antara tepi sungai masih bersisa dua meter dari tembok belakang rumahnya, namun karena musim hujan, longsor kembali meluas lagi dan hampir mengenai rumahnya.

“Kami khawatir longsor meluas lagi, karena saat ini musim hujan. Hujan sebabkan longsor semakin meluas,” kata dia, Senin (11/10/2021).

Gina mengaku was-was saat berada di dalam rumah ketika musim hujan tiba. Lantas dia sudah melaporkan hal itu kepada kepala desa untuk diberikan bantuan tembok penahan.

“Kami meminta bantuan tembok penahan atau beronjong. Kalau tinggi longsor 15 meter dari permukaan sungai, dan panjang 20 meter. Namun hingga saat ini belum ada bantuan yang diusulkan,” tutur dia.

Sementara itu, saat dikonfirmasi Kades Cecar Abdul Aris Juandi menegaskan, sudah mengusulkan bantuan kepada BPBD Lahat sejak setahun lalu, namun memang belum ada realisasinya hingga saat ini.

“Dua rumah yang sangat terdampak, yakni rumah Nahnu jarak antara longsor dengan rumah dua meter dan Gina Puspita satu meter. Semuanya sudah diusulkan, hanya saja belum ada realisasinya hingga saat ini,” tegasnya.

Abdul Aris berharap, Pemerintah Kabupaten Lahat segera memeriksa lokasi longsor dan melakukan tindakan, sebelum terjadi hal yang tidak di inginkan.

“Apalagi saat ini musim hujan, memang bahaya mengingat rumah warga sudah berjarak 1 meter lagi,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.