Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang Gelar Pelatihan dan Penulisan Artikel Ilmiah

Para peserta serius mengikuti kegiatan pelatihan dan penulisan artikel ilmiah yang digelar di H Aidil Fitri Syah Gedung Business and Science Center, Selasa (15/12/2020).

Palembang, Sumselupdate.com – Setelah sebelumnya menggelar pelatihan penyusunan tesis mahasiswa pada 26 November 2020, Program Pascasarjana (PPs) Universitas PGRI Palembang kembali menggelar kegiatan pelatihan dan penulisan artikel ilmiah.

Kegiatan pelatihan dan penulisan artikel ilmiah yang berlangsung selama empat hari mulai tanggal 15–18 Desember 2020, diikuti 841 peserta dari mahasiswa semester 3 tahun akademik 2020/2021 angkatan ke-25 Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan angkatan ke-8, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Bacaan Lainnya

Kegiatan pelatihan ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Semua peserta dan tamu undangan diwajibkan menggunakan masker ditambah dengan face shield.

Wakil Ketua YPLP PT-PGRI Sumsel, Drs H Djama’ani Djakfar, MPd melakukan pemukulan gong tanda dibukanya kegiatan pelatihan dan penulisan artikel ilmiah di H Aidil Fitri Syah Gedung Business and Science Center, Selasa (15/12/2020).

Sebelum memasuki ruangan, para peserta juga diwajibkan untuk mencuci tangan dan diukur suhu tubuh, jarak antar- peserta juga diatur sesuai dengan protokol kesehatan.

Kemudian, disediakan link zoom untuk mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan pelatihan secara virtual.

Dalam kegiatan pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Universitas Bengkulu Dr M Kristiawan, MPd dan Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi sebagai nara sumber utama.

Untuk nara sumber internal dari Universitas PGRI Palembang adalah Dr Yasir Arafat, MM, Dr Syaiful Eddy, SSi, MSi, Dr Edi Harapan, MPd, dan Dr Nila Kesumawati, MPd yang tergabung dalam (Tim A).

Rektor Universitas PGRI Palembang, H Bukman Lian, MM, MSi menyerahkan cindera mata kepada Sekda Kabupaten OKU, Dr Drs Ir H Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH.

Narasumber internal (Tim B) yakni Dr Dessy Wardiah, MPd, Dr Tahrun, MPd, Dr Happy Fitria, MPd, dan Dr (cand) Muh Juliansyah Putra, MSi.

Ketua YPLP PT-PGRI Provinsi Sumsel yang diwakili Drs H Djama’ani Djakfar, MPd secara resmi membuka kegiatan pelatihan dan penulisan artikel ilmiah.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong Wakil Ketua YPLP PT-PGRI Sumsel, Drs H Djama’ani Djakfar, MPd didampingi oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, H Bukman Lian, MM, MSi dan Plt Direktur Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, Dr Syaiful Eddy, MSi dan Kabag Humas, Protokol, Promosi, dan Kerjasama Universitas PGRI Palembang, Dr Mulyadi, MA di H Aidil Fitri Syah Gedung Business and Science Center, Selasa (15/12/2020).

Wakil Ketua YPLP PT-PGRI Sumsel, Drs H Djama’ani Djakfar, MPd mengungkapkan yayasan memberikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap kegiatan-kegiatan dengan tujuan utama untuk meningkatkan mutu pendidikan senada dengan motto dari Universitas PGRI Palembang yakni ‘Kampus Melaju dengan Mutu’.

Wakil Ketua YPLP PT-PGRI Sumsel, Drs H Djama’ani Djakfar, MPd.

Djama’ani Djakfar mengungkapkan kemampuan menulis sangat penting dimiliki mahasiswa untuk mengintrepresentasikan hasil penelitian dan pengetahuannya.

“Melalui Kegiatan pelatihan ini saya berharap kemampuan menulis dari mahasiswa semakin meningkat sehingga dapat menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas yang dapat di-publish di jurnal nasional hingga internasional,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang dalam paparan materinya tentang etika dan kaidah penulisan menjelaskan, artikel merupakan karya tulis yang dirancang untuk dimuat dalam jurnal yang ditulis dengan tata cara ilmiah dan mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati yang ditulis oleh mahasiswa, dosen, pustakawan, dan peneliti yang diangkat dari hasil penelitian lapangan, hasil pemikirian serta tinjauan kepustakaan atau hasil pengembangan proyek.

Rektor Universitas PGRI Palembang, H Bukman Lian, MM, MSi.

Dalam menulis artikel ilmiah dijelaskan Rektor, memiliki enam kode etik yang harus dipatuhi oleh penulis, yakni penulis harus bersikap objektif dan tidak memihak.

Jujur dalam penelitian dan penulisan juga tidak melakukan manipulatif data, tidak melakukan plagiarisme dan memelihara integritas penelitian serta menjamin kebenaran ilmiahnya.

“Artikel ilmiah menjadi kewajiban bagi mahasiswa dalam menyelesaikan program magister (S2) sebagai kelengkapan Tri Dharma Perguruan tinggi yakni pendidikan, melaksanakan penelitian dan pengabidan kepada masyarakat serta wajib di-publish di jurnal nasional maupun internasional,” ungkap Rektor.

Sementara itu, Dr M  Kristiawan, MPd narasumber dari Universitas Bengkulu menjelaskan menulis bagi mahasiswa bukan hanya pelengkap ritualitas akademik semata, akan tetapi menjadi hal yang perlu ditelateni di dalam mengaktualisasikan kemampuan dan pengetahuannya.

Karena hasil karya tulis seorang mahasiswa merupakan wujud dari kreativitas dan pengetahuan yang dimiliki.

Plt Direktur Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, Dr Syaiful Eddy, MSi.

Untuk itu, Dr Kristiawan memberikan sedikit tips di antaranya bahwa menulis artikel ilmiah harus didasari pada permasalahan yang menarik dan disukai penulis sehingga proses penelitian akan berjalan dengan lancar dan proses yang dilakukan berpedoman kepada struktur penulisan tulisan ilmiah dan template jurnal yang dituju.

“Pelatihan ini salah satu cara dalam meningkatkan daya tulis mahasiswa dalam mengekspresikan dan menyebarkan pengetahuan yang mereka miliki, sehingga dapat menulis tesis dengan baik dan benar yang dapat menjadi jurnal yang berkualitas,” harapnya.

Pada kegiatan pelatihan dan penulisan artikel ilmiah ini, PPs Universitas PGRI Palembang memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU) dan Ogan Komering Ilir (OKI) sebagai daerah dengan peningkatan sumberdaya manusia (SDM) tertinggi menjadi mahasiswa Universitas PGRI Palembang, baik Strata-1 maupun Strata 2.

Tak hanya itu, pada kesempatan tersebut diberikan juga penghargaan kepada kepala pemerintahan yang pertama kuliah di lingkungan Universitas PGRI Palembang.

Mereka itu adalah Sekda Kabupaten OKU, Dr Drs Ir H Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH dan Sekda OKI, Drs H Husin, SPd, MM.

Usai menerima penghargaan yang diserahkan oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Sekda OKU Achmad Tarmizi menilai kualitas yang dimiliki Universitas PGRI Palembang tidak diragukan lagi.

Rektor Universitas PGRI Palembang, H Bukman Lian, MM, MSi, Wakil Ketua YPLP PT-PGRI Sumsel, Drs H Djama’ani Djakfar, MPd, Kabag Humas, Protokol, Promosi, dan Kerjasama Universitas PGRI Palembang, Dr Mulyadi, MA, dan pejabat Universitas PGRI Palembang berfoto bersama.

Selama mengikuti kegiatan perkuliahan di PGRI, Achmad Tarmizi merasa fasilitas yang dimiliki oleh kampus Cyber University ini sangat luar biasa baik dari sarana maupun prasarana hingga teknologi informasi seperti Sisfo sangat mempermudah dalam proses akademik.

“Menjadi bagian dari Universitas PGRI Palembang saya merasa sangat bangga apalagi nanti setelah lulus memperoleh gelar magister dari sini sangat percaya diri, Universitas PGRI Palembang sangat keren,” ucap Achmad Tarmizi.

Senada dikatakan Sekda OKI, M Husin bahwa kuliah di Universitas PGRI Palembang adalah pilihan yang baik dan tepat serta sesuai dengan mottonya ‘Kampus Melaju Dengan Mutu’. (rel)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.