Plt Ketua LLDIKTI Wilayah II Puji Universitas PGRI Palembang Kampus dengan Segudang Prestasi

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi memindahkan kuncir dalam prosesi wisuda ke-28 Magister Program Strata 2 dan ke-54 Sarjana Strata 1 serta Diploma III ke-17 di Grand Ballroom Wyndham Opi Hotel, Kamis (27/8/2020).

Palembang, Sumselupdate.com – Dalam kondisi dunia global mengalami masalah kesehatan yaitu pandemi Covid-19, tak menghentikan langkah Universitas PGRI Palembang di bawah pimpinan Rektor Dr H Bukman Lian, MM, MSi melanjutkan proses pendidikan.

Tepatnya pada Kamis (27/8/2020) lalu, kampus yang mendunia dengan Cyber University ini melakukan prosesi wisuda ke-28 Magister Program Strata 2 dan ke-54 Sarjana Strata 1 serta Diploma III ke-17 di Grand Ballroom Wyndham Opi Hotel.

Bacaan Lainnya

Prosesi wisuda yang diikuti sebanyak 629 peserta terdiri dari 135 orang dari Program Pascasarjana (S2), 447 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi 25 orang, dan Fakultas Perikanan 9 peserta, dibagi dua sesi yakni pagi dan siang.

Sesi pertama diikuti sebanyak 317 wisudawan/wati. Sedangkan untuk sesi kedua diikuti 312 wisudawan/wati.

Suasana prosesi wisuda ke-28 Magister Program Strata 2 dan ke-54 Sarjana Strata 1 serta Diploma III ke-17 di Grand Ballroom Wyndham Opi Hotel, Kamis (27/8/2020).

 

Hadir dalam acara wisuda ini Plt Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah II, Dr Nuril Furkan, MPd, Ketua PGRI Sumsel sekaligus Pembina YPLP PT-PGRI Sumsel H Ahmad Zulinto, SPd, MM, Ketua Umum YPLP PT-PGRI Provinsi Sumsel Hj Meilia Rosani, SH, MH, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi menjelaskan,  sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Sumatera Selatan, Universitas PGRI Palembang telah melakukan langkah strategis dalam merespons era normal baru (New Normal), era big data, serta era kurikulum Kampus Merdeka yang menuntut banyak pihak untuk dapat beradaptasi dengan pembelajaran daring dan pemanfaatan teknologi sesuai dengan kebijakan Mendikbud RI.

Plt Kepala LLDIKTI Wilayah II, Dr Nuril Furkan, MPd.

 

“Berbagai aspek telah kami tingkatkan mulai dari kelembagaan, Pengembangan kampus yang berbasis Cyber University, sarana maupun prasarana, kurikulum, sumber daya manusia, serta riset dan inovasi guna menjadikan Universitas PGRI Palembang yang unggul, berdaya saing, dan berkarakter dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berbasis mutu,” ungkap Bukman.

Selama masa pandemi Covid-19 Rektor mengungkapkan Universitas PGRI Palembang mampu beradaptasi dengan melaksanakan berbagaai kegiatan akademik secara daring seperti penyelenggaraan webinar, seminar secara online, perkuliahan daring serta pelayanan administrasi mahasiswa secara daring.

Selain itu kemajuan di bidang teknologi dan informasi telah dirasakan manfaatnya oleh mahasiswa melalui Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SISFO).

Ketua PGRI Sumsel sekaligus Pembina YPLP PT-PGRI Sumsel H Ahmad Zulinto, SPd, MM.

 

Dijelaskan melalui SISFO mahasiswa dapat mengurus administrasi akademik secara online, sehingga seluruh kegiatan mulai dari pembelajaran daring, pembayaran kuliah, pengisian KRS, KHS, registrasi jadwal mata kuliah dapat diurus secara online di manapun mahasiswa berada.

“Saat ini Unversitas PGRI Palembang tengah menyiapkan sistem MOOC (Massive Open Online Course) yakni sistem pembelajaran online berskala besar dan terbuka yang memungkinkan mahasiswa UPGRI mengikuti pembelajaran di perguruan tinggi lain secara daring, sebaliknya mahasiswa dari perguruan tinggi lain juga dapat mengikuti pembelajaran di UPGRI secara daring,” ujar Rektor.

Dikatakan Rektor, saat ini Universitas PGRI Palembang terakreditasi Institusi B dan memiliki 24 program studi yang mayoritas telah terakreditasi B.

Ketua YPLP PT-PGRI Provinsi Sumsel Hj Meilia Rosani, SH, MH.

 

Selain itu, Universitas PGRI Palembang juga diberikan kehormatan dan menjadi kebanggaan dipilih menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta di Sumatera Selatan yang menyelenggarakan Program Profesi Guru (PPG) dalam jabatan dan juga mandiri dengan mahasiswa berasal dari delapan provinsi.

Prestasi lain Universitas PGRI Palembang juga menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang dipercaya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai lembaga penyelenggara Diklat Kepala Sekolah (LPD-KS).

Tahun 2020 ini juga diungkapkan Rektor, Universitas PGRI Palembang akan membuka prodi baru yang sangat dibutuhkan dunia kerja saat ini. Seperti Fakultas Ekonomi akan membuka Prodi Bisnis Digital dan Prodi Manajemen Retail.

Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi.

 

Sedangkan Fakultas Teknik akan membuka Prodi Teknologi Informasi, Program Pascasarjana juga akan membuka Prodi Pendidikan Jasmani FKIP.

Sedangkan Fakultas Kelautan dan Perikanan akan membuka Prodi Kelautan, juga Fakultas Sains dan Teknologi membuka Prodi Ilmu Lingkungan serta FKIP akan membuka Prodi Pendidikan Vokasi.

“Universitas PGRI Palembang merupakan perguruan tinggi yang bermutu, berdaya saing, dan memiliki alumni yang berkompeten di bidangnya, sehingga menjadi pilihan yang tepat untuk para mahasiswa baru menjadi bagian penting dari keluarga besar Civitas Akademika,” ungkap Bukman.

Mendengar banyak prestasi yang telah dicapai oleh Universitas PGRI Palembang, Plt Kepala LLDIKTI  Wilayah II, Dr Nuril Furkan, MPd menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Universitas PGRI Palembang.

Nuril Furkam menjelaskan LLDIKTI Wilayah 2 sangat mendukung setiap upaya perguruan tinggi dalam melakukan perubahan.

Menurutnya, prestasi akademik maupun non akademik yang telah dicapai Universitas PGRI Palembang menunjukkan  tingkat produktifitas yang tinggi. Hal ini  menandakan bahwa Univeristas PGRI kampus dengan segudang prestasi.

Wisudawan dan wisudawati mengikuti prosesi wisuda ke-28 Magister Program Strata 2 dan ke-54 Sarjana Strata 1 serta Diploma III ke-17 di Grand Ballroom Wyndham Opi Hotel, Kamis (27/8/2020).

 

“Atas nama LLDIKTI Wilayah II mengucapkan selamat kepada rektor dan seluruh civitas akademika yang selalu berusaha meningkatkan mutu pendidikan,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua PGRI Sumsel sekaligus Pembina YPLP PT-PGRI Sumsel H Ahmad Zulinto, SPd, MM  dalam sambutannya menjelaskan Universitas PGRI Palembang banyak memberikan kemudahan kepada guru untuk melanjutkan jenjang pendidikannya.

Di antaranya bagi para guru yang ingin melanjutkan pendidikan ke Program Pascasarjana juga para alumni diberikan diskon 25% biaya perkuliahan.

“Universitas PGRI adalah kampus miliknya guru maka banyak kemudahan yang akan kami berikan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua YPLP PT-PGRI Provinsi Sumsel Hj Meilia Rosani, SH, MH berpesan kepada para alumni yang telah dilantik untuk siap menghadapi tantangan di era abad 21 dengan cara memantaskan diri juga menambah kemampuan untuk mengelola Ilmu dan Teknologi (IT).

“Selamat dan Sukses kepada para alumni yang telah dilantik, jaga nama baik almamater tercinta,” pesan Meilia. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.