Plh Bupati OKU Buka Kegiatan OPD Tingkat Kabupaten

Suasana kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah atau OPD Tingkat Kabupaten OKU tahun 2021 di Ruang Rapat Abdi Praja, Senin (22/2/2021).

Laporan: Armiziwadi

Baturaja, Sumselupdate.com – Pelaksana Harian (Plh) Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan Membuka Kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tingkat Kabupaten OKU tahun 2021 di Ruang Rapat Abdi Praja, Senin (22/2/2021).

Bacaan Lainnya

Forum SKPD ini merupakan forum pemangku kepentingan untuk membahas usulan program kegiatan prioritas hasil dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan dengan rancangan Rencana Kerja (Renja) masing-masing OPD.

Dalam arahannya, Plh Bupati OKU H Achmad Tarmizi mengatakan, diselenggarakannya forum OPD ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dari seluruh jajaran Pemkab OKU dalam rangka melaksanakan satu tahapan perencanaan di Kabupaten OKU.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat merumuskan rencana pembangunan kabupaten OKU ke depan ke arah yang lebih baik.”jelasnya.

Dikatakan, sebelum menyusun perencanaan pembangunan, kita terlebih dahulu harus dapat memahami mekanisme dan prosedur yang ada sesuai ketentuan yang berlaku.

“Untuk itu harus mampu mengukur tingkat capaian yang telah berhasil diraih  pada tahun-tahun sebelumnya, untuk menentukan program dan  kegiatan yang perlu dilaksanakan  pada tahun depan,” katanya.

Tarmizi mengatakan, prioritas pembangunan Kabupaten OKU tahun 2022 yang harus dipedomani oleh seluruh perangkat daerah dalam menyusun Renja Perangkat Daerah, antara lain  peningkatan kualitas pelayanan publik.

Kemudian, kualitas SDM dan pemulihan ekonomi, kualitas pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan, dan peningkatan infrastruktur pelayanan kesehatan.

“Kegiatan ini merupakan langkah terpadu dari Bappelitbangda Kabupaten OKU dalam rangka memperkuat kapasitas perencanaan pembangunan, sehingga dapat terarah, terkendali dan dirasakan langsung oleh masyarakat,” terangnya.

Tarmizi menambahkan kepada seluruh kepala OPD, untuk membangun komitmen bersama dalam rangka peningkatan pelayanan, seluruh program yang ada di pemerintah pusat, provinsi hingga pemerintah daerah kemudian turun ke tingkat kecamatan dan kelurahan/desa, harus sinkron dan bersinergi, sehingga dapat menghasilkan output yang berkualitas.

Di tempat yang sama, Kepala Bappelitbangda OKU selaku penanggung jawab kegiatan forum OPD Kabupaten OKU, Ir Gunawan Somad, MM mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah UU No 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan UU No. 23 tahun 2014 tentang pemerintahan Daerah, dan Permendagri No. 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi  Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara Perubahan RPJPD, RPJMD, dan RKPD.

Tujuan dilaksanakannya forum OPD ini untuk memperoleh masukan dalam rangka pemahaman target kinerja sasaran, program kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran yang telah disusun dalam rancangan Renja Perangkat Daerah.

Dalam kegiatan Forum OPD ini dihadiri oleh seluruh Perangkat Daerah dilingkungan kabupaten OKU, mulai dari kepala badan, dinas, RSUD Ibnu Sutowo, Sekretariat DPRD, serta para Kabag dan Camat se-Kabupaten OKU.

Forum OPD ini dilaksanakan selama tujuh hari kerja dari tanggal 22 Februari hingga tanggal 2 Maret 2021.

Selanjutnya dilaksanakan sidang kelompok bertempat di kantor Bappelitbangda sampai tanggal 2 Maret 2021, pelaksanaan sidang kelompok ini dilakukan cukup lama karena memperhatikan protokol Covid-19 yang tidak memungkinkan pengumpulan massa dalam jumlah banyak.

Hasil dari forum OPD ini akan menjadi masukan untuk penyempurnaan Rancangan Renja Perangkat Daerah dan untuk bahan  pemutakhiran Rancangan RKPD tahun 2022 yang menjadi acuan dalam penyusunan RAPBD dan APBD kabupaten OKU tahun 2022.

Pada hari pertama Forum OPD ini dilakukan penyerahan secara  simbolis hasil Musrenbang Kecamatan kepada dinas  Pendidikan, dinas Kesehatan, dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, dan Dinas PUPR.

Pembangunan Kabupaten OKU  pada tahun 2022 mendatang mengambil tema ‘Pemulihan  ekonomi melalui pembangunan infrastruktur dan peningkatan pelayanan publik’. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.