Pipa Pertamina Limau Muaraenim Bocor, Terdengar Tiga Kali Ledakan dan Seorang Warga Terluka

Pipa milik Pertamina Limau Field bocor. Warga menyebut semburan mintak mencapai ketinggian 20 meter

Laporan Azwar Anas

Muaraenim, Sumselupdate.com – Sebuah pipa distribusi minyak mentah di Dusun II, Desa Tanjung Muning, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan, mengalami kebocoran, Senin (31/8/2020).

Bacaan Lainnya

Warga setempat sempat mendengar tiga kali ledakan pada pipa yang diketahui milik PT Pertamina Limau Field tersebut.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, akan tetapi seorang warga terluka akibat terkejut dengan suara kebocoran pipa tersebut.  Tak hanya itu, kebocoran pipa Pertamina ini mengakibatkan minyak mentah menyembur ke atas hingga ketinggian mencapai 20 meter.

Tak pelak, empat lahan warga yang berada di sekitar terkena dampak dari semburan minyak mentah tersebut.

Selain itu, beberapa remaja yang tengah nongkrong serta dua unit sepeda motor di sekitar area semburan ikut terciprat minyak mentah.

Beberapa warga yang ada di sekitar lokasi terkena semburan minyak mentah dari pipa bocor tersebut

 

Kepala Desa Tanjung Muning, Subran Lekat saat dihubungi Sumselupdate.com membenarkan adanya kebocoran pipa di wilayahnya.

Menurut dia, kebocoran itu terjadi pada Senin (31/8/2020) sekitar pukul 09.30 WIB.

Subran menuturkan, dalam peristiwa ini seorang warga yang terluka akibat terkejut dengan suara kebocoran pipa, namun sudah diobati.

Dikatakannya, penyebab kebocoran bukan karena sabotase, namun dia menduga hal itu akibat korosi pada pipa, sebab kondisi pipanya yang sudah tak bagus lagi.

Bocor itu karno pipa tu lah buruk (sudah tidak bagus lagi -red), bukan karno sabotase,” ujar Subran, Selasa (1/9/2020).

Kebocoran pipa ini, kata Subran, tak hanya membuat seorang warga terluka, namun empat lahan warga yang berada di sekitar terkena semburan minyak mentah tersebut.

Kondisi lahan warga yang terkena semburan minyak

 

 

Selain itu ia menyebut, beberapa remaja yang tengah nongkrong serta dua unit sepeda motor di sekitar area semburan ikut terciprat minyak mentah.

“Ada empat warga yang lahannya terkena semburan minyak mentah. Tapi sudah dibersihkan oleh Pertamina menggunakan vacuum truck,” imbuhnya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah melaporkan kejadian ini kepada pihak kecamatan dan PT Pertamina Limau Field.

“Tadi sudah komunikasi dengan Pak Angga, Humas Pertamina yang turun kemarin. Katanya Insya Allah paling lambat satu minggu ini ada penyelesaian dan negoisasi untuk ganti rugi warga,” tukasnya.

Terpisah, Hasbullah, warga sekitar mengungkapkan, sebelum pipa tersebut bocor, dirinya sempat mendengar tiga kali ledakan.

“Kami kaget, karena belum pernah kejadian seperti ini, suara ledakannya juga besar seperti truk menurunkan batu ‘Duaar’ begitu,” ujar Hasbullah saat ditemui di lokasi.

Ia berharap pihak pertamina segera menangani semburan minyak tersebut, karena warga khawatir akan menimbulkan api. “Minta tolong segera ditangani dan ganti lahan kami,” pungkasnya.

Dua unit sepeda motor yang ada di lokasi kejadian ikut terkena semburan minyak

 

Sementara itu, Humas PT Pertamina Limau Field Aprianto saat dikonfirmasi melalui WhatsApp membenarkan kebocoran pipa tersebut. Namun ia menyebut, pipa yang bocor tersebut baru satu tahun diganti.

“Kalau pipa yang bocor kemarin blum lama diganti, sekitar satu tahun lah,” ungkap Aprianto.

Terkait penyebab utama kebocoran, Aprianto mengungkap pihaknya akan melakukan investigasi lebih lanjut.

Mengenai upaya penanganan, ia menyebut pihaknya telah melakukan clamp sementara untuk menghentikan kebocoran. “Selanjutnya (pipa bocor tersebut) akan diganti dengan pipa baru,” imbuhnya.

Aprianto membenarkan adanya remaja yang terkena semburan minyak mentah akibat kebocoran pipa tersebut. “Kena percikan, sejauh ini Alhamdulillah sehat,” tambahnya.

Untuk lahan warga yang terdampak, Aprianto menjelaskan, pihaknya telah melakukan pembersihan dan telah selesai Selasa (1/9/2020) kemarin.  “Kemarin sore (Senin) semprotan minyak sudah dibersihkan, hari ini (Selasa) finishing,” terangnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.