Perwakilan OPD, Tendik, dan Sejumlah Organisasi Ikuti Sosialisasi Penulisan Karya Ilmiah

Sosialisasi penulisan karya ilmiah kegiatan desiminasi kelitbangan Balitbangda kabupaten Muara Enim, Selasa (23/11/2021).

Muaraenim, Sumselupdate.com – Sebanyak 75 perwakilan organisasi perangkat daerah, kecamatan, tenaga pendidik perguruan tinggi hingga sekolah menengah, dan sejumlah perwakilan organisasi di lingkup kabupaten Muaraenim mengikuti sosialisasi penulisan karya ilmiah kegiatan desiminasi kelitbangan Balitbangda kabupaten Muaraenim, Selasa (23/11/2021) diselenggarakan Balitbangda Muaraenim di Ballroom Hotel Grand Zuri Muaraenim.

Pj Bupati Muaraenim H Nasrun Umar diwakili Asisten III Riswandar mengharapkan kepada seluruh peserta kegiatan ini untuk dapat bermanfaat dan diaplikasikan di masyarakat.

Read More

“Kami berpesan kepada seluruh peserta baik itu OPD, kecamatan, Tenaga Pendidikan, maupun perwakilan organisasi untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, hingga nantinya akan bermanfaat dan dapat diaplikasikan di masyarakat dan kabupaten Muaraenim,” ungkapnya.

Lanjutnya, seiring dengan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) fasilitasi Diseminasi  berupa media pertemuan ilmiah (Sosialisasi). Diaman, tujuan khusus diseminasi dan pemanfaatan teknologi yang potensial dari hasil riset dan inovasi Perangkat Daerah, Perguruan Tinggi atau masyarakat umum ke lembaga usaha melalui penerapan IPTEK di masyarakat.

“Sasaran Diseminasi Kelitbangan adalah Meningkatkan komersialisasi produk IPTEK hasil penelitian dan inovasi ke dalam lembaga usaha, Meningkatkan produktivitas, nilai tambah, kualitas maupun daya saing produk iptek hasil penelitian dan inovasi di masyarakat/kelompok masyarakat. Hal Ini sejalan dengan Visi Muaraenim untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera, dimana pada salah satu misinya adalah Ekonomi Kerakyatan Kreatif yang kemudian dijabarkan lagi menjadi Program kerja strategis, salah satunya adalah mewujudkan daya saing ekonomi daerah melalui komoditi produk lokal dan unggulan,” ujarnya.

Kemudian, Riswandar menambahkan beberapa manfaat pada kegiatan ini adalah di antaranya berpotensi masuk ke tahap komersial dan memantapkan program pengembangan atau penguatan kelitbangan dan inovasi melalui diseminasi kelitbangan ataupun kegiatan sosialisasi penulisan karya tulis ilmiah.

“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Badan Riset dan Inovasi Nasional serta Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan yang telah bersedia membagikan Ilmunya kepada para peserta sosialisasi dan kepada peserta hendaknya memanfaatkan kesempatan ini secara sungguh-sungguh mengikuti Sosialisasi Penulisan Karya Tulis Ilmiah ini dan nantinya diharapkan dapat mengimplementasikannya di Instansi saudara masing-masing. Hingga nantinya menambahkan beberapa manfaat pada kegiatan ini adalah diantaranya berpotensi masuk ketahap komersial dan memantapkan program pengembangan atau penguatan kelitbangan dan inovasi melalui diseminasi kelitbangan ataupun kegiatan sosialisasi penulisan karya tulis ilmiah,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Balitbangda Muaraenim Tarmizi melalui ketua Panitia Anggraini Wulandari Pratiwi melaporkan kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah perwakilan OPD, kecamatan, Tendik, dan organisasi di lingkup kabupaten Muaraenim.

“Peserta berjumlah 75 orang di mana terdiri dari perwakilan OPD, kecamatan, tenaga pendidik perguruan tinggi maupun menengah, dan organisasi dengan nara sumber Penelitian Ahli Pertama PMB-BRIN Yoka Pramadi dengan tujuan para peserta dapat memahami cara penulisan karya ilmiah yang baik dan benar hingga mampu diterapkan di lapangan,” pungkasnya. (dan)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.