Pertama di Indonesia, Ogan Ilir Bakal Miliki 2.410 Relawan Pemadam Kebakaran

Senin, 25 September 2023
Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Ogan Ilir Sunarto MSi.

Laporan: Henny Primasari

Inderalaya, sumselupdate.com – Guna mengatasi kebakaran, mengaktifkan fungsi penyelamatan, Ogan Ilir bakal memiliki 2.410 relawan pemadam kebakaran yang rencananya akan di launching Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar Mawardi pada Januari 2024 mendatang. Program tersebut adalah pertama di Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Ogan Ilir Sunarto MSi Senin (25/9/2023). Menurutnya dibutuhkan 10 orang relawan pemadam kebakaran di 241 desa dan kelurahan, atau 2.410 relawan. Dengan persyaratan usia produktif 20-45tahun, sehat jasmani dan rohani, dari jumlah tersebut diprioritaskan 80 persen laki-laki dan 20 persen perempuan.

“Ya tugas damkar bukan hanya memadamkan api saat terjadi kebakaran rumah atau gedung, namun juga¬† fungsi penyelamatan atau pertolongan pertama terhadap musibah. Kalau menunggu pertolongan langsung dari pemadam kebakaran kabupaten memakan waktu lama, yang jelas adanya relawan bisa bertindak cepat. Nantinya akan kita beri seragam dan uang intensi Rp300 ribu per triwulan mengingat keterbatasan anggaran. Namun jika dimungkinkan regulasi dan aturan akan ditingkatkan dan akan menggaet dana APBN, diharapkan jumlah insentif akan bertambah. Saat ini kita sudah mulai pendataan, Insya Allah pertengahan Oktober fix datanya. Silahkan kalau berminat menjadi relawan hubungi kades atau lurah. Bahkan Ogan Ilir satu-satunya kabupaten di Indonesia yang punya relawan kebakaran 10 desa 10 personil,” jelas Kadin Sunarto.

Advertisements

Disebutkannya, relawan pemadam kebakaran ini akan diberikan pelatihan di kecamatan masing-masing,  rencanannya pada 1 Maret saat HUT Damkar 2024 akan mengundang Mendagri untuk menyaksikan kebolehan 2.410 relawan tersebut.

“Alhamdulillah Pak Bupati Panca sangat antusias dengan program ini, tentunya program ini tidak bakal terwujud tanpa dukungan dan restu dari Pak Bupati Panca, selain itu sambutan warga desa dan kelurahan juga antusias. Rencananya relawan kita bagi menjadi 5zona dengan tujuan agar cepat menangani penyelamatan. Mohon doa dan dukungan dari masyarakat agar program ini bisa cepat terlaksana, saat ini kita juga sedang roadshow ke berbagai kecamatan,” ujarnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.