Pertahankan Budaya Leluhur, Warga Mura Gelar Sedekah Bumi

Bupati Mura Hj Ratna Machmud dan OPD serta undangan lainnya saat menghadiri sedekah bumi Masyarakat Desa Srimulyo, Kecamatan STL Ulu Terawas, Minggu (21/8/2022).

Laporan: Marwan Ashari

Muarabeliti, Sumselupdate.com – Masyarakat Desa Srimulyo, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas (Mura) menggelar sedekah bumi.

Read More

Kegiatan yang dilaksanakan bertepatan dengan hari jadi ke-59 Desa Srimulyo, bertujuan pemerintahan maupun masyarakat semakin termotivasi membangun Desa Srimulyo.

Acara sedekah bumi dihadiri langsung oleh Bupati Mura Hj Ratna Machmud dan OPD serta undangan lainnya.

Bupati Mura Hj Ratna Machmud mengapresiasi seluruh lapisan masyarakat Desa Sri Mulyo Kecamatan STL Ulu Terawas yang sudah bersusah payah bahu membahu dalam menyelenggarakan kegiatan sedekah bumi dan ulang tahun Desa Sri Mulyo ke-59.

“Semoga dengan momentum peringatan hari jadi yang ke-59 ini, Desa Sri Mulyo semakin bermotivasi serta semangat bagi aparatur pemerintahan maupun masyarakat guna membangun Desa Sri Mulyo lebih baik lagi,” kata Ratna Machmud.

Menurut Ratna Machmud, dalam suatu pembangunan membutuhkan semangat serta cara kekeluargaan, kedamaian, dan persatuan.

Sebab hal tersebut merupakan wahana untuk merangkai evaluasi terhadap apa yang sudah dilaksanakan.

“Selain itu juga pada momentum ulang tahun Desa Sri Mulyo ini, memberikan warna yang baru bagi perjalanan sejarah Desa Sri Mulyo dalam mengenang kembali sejarah terbentuknya Desa Sri Mulyo ini,” katanya.

Bupati Mura menyampaikan kegiatan sedekah bumi ini, merupakan tradisi turun-temurun atau warisan dari nenek moyang dahulu khususnya di Kecamatan STL Ulu Terawas.

“Digelarnya kegiatan sedekah bumi juga sebagai wujud keharmonisan antara manusia dengan alam semesta dengan menampilkan rasa syukur atas nikmat dan karunia hingga rahmat dari Allah SWT yang telah memberikan hasil panen yang berlimpah ruah, kesejahteraan serta kesehatan masyarakat selama ini,” ucap Bupati.

Ia menerangkan memang sedekah bumi ini merupakan sebuah ritual warisan yang memiliki nilai-nilai leluhur budaya bangsa. Oleh sebab itu festival budaya bangsa ini harus dijaga dengan baik sesuai tradisi yang ada.

Karena dengan menjaga tradisi budaya turun-temurun ini, sama halnya kita melestarikan tradisi agar tidak hilang digerus oleh perkembangan kemajuan zaman.

“Atas nama pemerintah daerah kami akan selalu mendukung apapun kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian budaya seperti sedekah bumi maupun kegiatan lainnya,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.