Persiapan Pilkada 2017; KPU, Bawaslu dan DKPP Gelar Bimtek Terpadu

Palembang, Sumselupdate.com – Dalam rangka persiapan dan penguatan kelembagaan penyelenggaraan Pilkada di 7 Provinsi, 76 Kabupaten dan 18 Kota pada 15 Februari tahun 2017 mendatang, KPU RI, Bawaslu RI dan DKPP RI mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) terpadu untuk penyelenggara pemilu tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Ketua Bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya mengatakan Bimtek terpadu diselenggarakan dalam 2 gelombang, untuk gelombang pertama dilaksanakan di Palembang pada 19 hingga 21 Juli mendatang.

Bacaan Lainnya

Total Peserta pada gelombang pertama terdiri dari Penyelenggara Pemilu yang berasal dari 18 Provinsi dan 70 Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada tahun 2017.

“Materi pada Bimtek terpadu meliputi teknis penyelenggaraan Pilkada, mekanisme dan prosedur pengawasan Pilkada serta penegakan kode etik pada penyelenggaraan Pilkada tahun 2017 mendatang,” katanya, Selasa (19/7).

Bimtek terpadu secara langsung dihadiri oleh Ketua KPU RI Juri Ardiantoro, Ketua Bawaslu RI Dr. Muhammad, dan Ketua DKPP RI Prof. Jimly Asshiddiqie.

Dalam bimtek terpadu ini dijadwalkan juga akan dihadiri oleh Pimpinan KPK Saut Situmorang yang akan membahas tentang Pilkada Berintegritas.

Bimtek terpadu institusi KPU, Bawaslu dan DKPP dengan skala nasional ini baru pertama kali diadakan di Kota Palembang dengan tujuan penguatan kelembagaan masing-masing instansi penyelenggara Pemilu dan penyamaan persepsi terkait dengan teknis penyelenggaraan Pilkada 2017.

Ini mengingat adanya perubahan-perubahan terkait regulasi penyelenggaraan Pilkada di Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Dan Walikota Menjadi Undang-Undang.

Bimtek Terpadu gelombang kedua akan diselenggarakan di Ambon pada 25 – 27 Juli mendatang. (ery)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.