Perkim Suarakan Usulan Warga Bangun Tol Martapura-Pematang Panggang

Dinas Perumahan dan Permukiman menyampaikan usulan masyarakat OKU Timur untuk pembangunan jalan tol jalur Martapura-Pematang Panggang OKI.

Laporan: Rahmat Agusman

Martapura, Sumselupdate.com – Bupati OKU Timur melalui Dinas Perumahan dan Permukiman menyampaikan usulan warga untuk pembangunan Jalan Tol jalur Martapura-Pematang Panggang OKI. Selain Jalan Tol, masyarakat juga mengusulkan pembuatan kebun raya Sebiduk Sehaluan.

Read More

Usulan tersebut langsung ditanggapi dan diserahkan kepada Ruri Jumar Saef, Staf Khusus Presiden RI sekaligus Ketua Team Nawacita Republik Indonesia di Jakarta.

“Usulan sudah kita sampaikan ke Ketua Team Nawacita Republik Indonesia di Jakarta. Usulan tersebut untuk pembuatan Jalan Tol jalur Martapura-Pematang Panggang dan Gerbang Kebun Raya Sebiduk Sehaluan, yang rencananya berada di lahan konservasi MHP seluas 2000 hektar,” jelas Kepala Dinas Perkim OKU Timur, Danan Rachmat, Kamis (23/09/2021).

Dijelaskan oleh Danan, hal ini merupakan salah satu pendukung dalam percepatan pembangunan OKU Raya yang sudah jadi pembahasan beberapa bulan yang lalu, agar kawasan tersebut menjadi kawasan strategis agrobisnis, wisata dan industri.

“Usulan jalan tol tersebut bertujuan, supaya perjalanan dari Sungai Tuha-Buay Madang-Pematang Panggang bisa ditempuh dalam waktu tempuh 45 menit saja. Selanjutnya akan kita bangun juga hutan tanaman keras langka, taman buah, peternakan sapi, taman burung, taman bunga, ternak lebah, pusat pembibitan tanaman hutan, sekaligus tempat edukasi masyarakat,” paparnya.

Selain itu , ditambahkan Danan, akan dibangun sarana penunjang di sepanjang koridor Martapura. Seperti Rest Area, Perhotelan, Pergudangan dan Pasar Modern.

“Diharapkan kedepan kota Martapura akan jadi kota satelit sebagai pusat pengembangan wilayah dan menjadi pusat ekonomi baru yang mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di Kabupaten OKU Timur,” pungkas Danan. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.