Periksa Kondisi Jalan Amblas di Dekat Jembatan Enim III, Kurniawan Pastikan Tahun Ini Diperbaiki 

Plh Bupati Muaraenim Kurniawan AP meninjau jalan lingkar Kecamatan Muaraenim yang amblas di dekat Jembatan Enim III, Desa Karang Raja, Kecamatan Muaraenim, Sabtu (11/6/2022).

Laporan: Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com – Memanfaatkan waktu di akhir pekan, seusai mengunjungi korban kebakaran di Tanjung Enim, Plh Bupati Muaraenim Kurniawan AP menyempatkan diri meninjau jalan lingkar Kecamatan Muaraenim yang amblas di dekat Jembatan Enim III, Desa Karang Raja, Kecamatan Muaraenim, Sabtu (11/6/2022).

Read More

Di kesempatan itu, Kurniawan menyampaikan jika jalan yang sudah lebih dari satu tahun ini amblas sekitar enam meter dari bahu jalan dengan ketinggian sekitar sepuluh meter ini akan segera diperbaiki.

“Mengingat sudah lebih dari satu tahun jalan di tepi Sungai Enim ini rusak, maka kita akan segera perbaiki mengingat urgensi jalan tersebut sebagai akses jalan lintas tengah Sumatera yang melintasi ibukota Kabupaten Muaraenim,” ujarnya.

Kurniawan yang didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) H Hermin Eko Purwanto menjelaskan saat ini sedang dalam tahap tender dan selanjutnya akan dilakukan pengerjaan pada tahun ini juga melalui pendanaan APBD Kabupaten Muaraenim tahun 2022 sebesar Rp6 miliar.

“Perbaikan nantinya akan meliputi pembangunan dinding penahan atau turap sepanjang 50 meter kemudian penimbunan, pengerjaan konstruksi jalan, dan pengaspalan,” terangnya.

Masih menurut Kurniawan, pembangunan turap memang harus dilakukan karena letak jalan yang berada di bibir sungai ditambah dengan volume dan intensitas kendaraan yang tinggi, sehingga rawan abrasi atau pengikisan tanah di bawahnya.

“Dengan kembali normalnya kondisi jalan ini, harapan kita nantinya jalur kendaraan lintas tengah sumatera, terutama kendaraan dengan volume tinggi tidak lagi melewati Kota Muaraenim melainkan langsung dapat melintasi jalan lingkar ini sehingga mengurai kemacetan dan beban Jembatan Enim II yang berada di dalam kota juga dapat berkurang,” bebernya.

Kurniawan meminta masyarakat agar berhati-hati dan bersabar jika nantinya ada kemacetan akibat antrean buka-tutup jalan.

“Kami juga meminta kepada seluruh masyarakat pengguna jalan ini untuk terus berhati-hati dan juga agar dapat bersabar kalau nantinya terdapat kemacetan akibat antrean adanya buka tutup jalan selama proses pengerjaan,” pungkasnya. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.