Perguruan Silat Kateda Ranting Marga Bayur Diresmikan

Foto Bersama Ketua Umum Perguruan Kateda Nazaruddin,SH dengan Anggota Kateda Ranting Marga Bayur Kecamatan Muaradua Kisam OKU Selatan, Sabtu (18/12/2021) siang tadi.

Laporan: Alpian Patria Jaya

Muaradua, Sumselupdate.com – Perguruan Pencak Silat Kateda Ranting Marga Bayur, Kecamatan Muaradua Kisam, OKU Selatan, resmi telah dibuka Ketua Umum Kateda Provinsi Sumatera Selatan Nazaruddin, di halaman SMAN 2 Bayur Tengah, Sabtu (18/12/2021).

Read More

Ketua Umum Kateda Sumsel yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD OKU Selatan dua periode dari Partai PKB Dapil IV ini, mengungkapkan, dengan telah dibuka Perguruan Pencak Silat Kateda, diharapkan Perguruan pencak silat ini bisa berkembang dan jaya di OKU Selatan khusus terutama untuk warga Bayur.

“Kita berharap dengan telah dibuka dan diresmikannya Perguruan Silat Kateda di Ranting Marga Bayur ini, pencak silat bisa berkembang dan jaya di OKU Selatan,” ungkap Nazar.

“Selayang pandang Kateda sendiri adalah perguruan bela diri di bawah payung bendere IPSI, yang mana Kateda ini juga merupakan perguruan pencak silat asli Indonesia, yang merupakan ilmu bela diri hasil dari penggabungan antara fisik, pernafasan dan konsentrasi,” jelasnya.

Kateda tersebar di beberapa provinsi dan kota di Indonesia seperti Sumatera Selatan, Jakarta, Bandung, Bogor, Sulawesi, Surabaya, Lampung, Manado, dan kota kota lain.

Sambutan Ketua Umum Kateda Sumsel Nazaruddin, SH pada peresmian Kateda Ranting Marga Bayur Kecamatan Muaradua Kisam OKU Selatan.

Lanjut sambung Nazar, saat ini ada kurang lebih sekitar 100 orang yang sudah tergabung di Ranting Marga Bayur Muaradua Kisam, yang tadi simbolis diresmikan.

“Dari 100 orang anggota Kateda untuk Ranting Marga Bayur sendiri, terdiri dari berbagai elamen ada yang pelajar baik SMP maupun SMA dan juga masyarakat umum,” pungkas Dewan PKB Nazzarudin.

Kemudian Nazar juga mengatakan, untuk sementara ini, Kateda Ranting Marga Bayur di komandoi Habizar Suryandi. Menjadi tugas utama mencari bibit unggul untuk dijadikan pelatih guna memasyarakatkan pencak silat Kateda dan mendidik generasi Kateda mendatang.

“Dalam waktu dekat, segera mungkin kita akan melengkapi persyaratan untuk mendaftarkan pencak silat Kateda Ranting Marga bayur ini ke IPSI OKU Selatan, mohon do’a dan dukungannya kepada masyarakat luas terutama masyarakat OKU Selatan,” katanya.

Turut hadir dalam peresmian Kateda ranting marga bayur Kecamatan Muaradua Kisam,  Kepala Desa di Kecamatan Muradua Kisam, Perwakilan Karang Taruna, tokoh masyarakat, dan beberpaa Perguruan Silatseperti Perguruan Silat PSHT dan Perguruan Silat Kuntaw Semende yang ada di Kecamatan Muaradua Kisam. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.