Amblasnya Tepian Jalan Utama Trans Palembaja Lahat Dikhawatirkan Meluas dan Memutus Jalan

Sisi jalan yang menjadi akses utama warga Trans Palembaja di Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel) mengalami amblas, Sabtu (18/12/2021).

Laporan: A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Sisi jalan yang menjadi akses utama warga Trans Palembaja di Kecamatan Gumay Talang, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel) mengalami amblas.

Read More

Endri Adi, salah seorang warga yang lahannya bersebelahan dengan tepi jalan yang amblas mengatakan, jika amblasnya tepian jalan sudah terjadi sejak satu bulan terakhir dikarenakan hujan lebat.

“Kalau panjang diperkirakan 16 meter, dengan kedalaman kira-kira 5 meter. Amblas karena air hujan yang mengalir cukup besar dari arah atas, sehingga bagian itu menjadi amblas,” kata dia, Sabtu (18/12/2021).

Dikatakannya, bagian tepi jalan yang amblas saat ini hampir memakan badan jalan, terlihat pada tepi jalan sudah mulai terkikis dan mulai retak.

“Jalan ini aktif digunakan warga, dari desa-desa di transmigrasi Palembaja, sehingga sebagian besar aktivitasnya menggunakan jalan ini. Kalau sampai putus, bisa lumpuh transportasi di sini,” ujar dia.

Endri mengaku, apabila pemerintah ingin membangun tembok penahan, dia mempersilahkan mengambil tanah di lahannya di bagian yang lebih tinggi.

“Silahkan ambil tanah saya yang di atas sana, yang bagian lebih tinggi dari jalan, ratakan saja dengan jalan, untuk kebutuhan menimbun tembok penahan,” tutur dia.

Sementara itu, Terimo, warga lainnya mengaku, tepian jalan yang amblas sudah diperiksa petugas dari Pemerintah Kabupaten Lahat. Sehingga tahun depan akan diperbaiki.

“Syukurlah, pemerintah sudah ada rencana untuk memperbaiki. Kami berharap, ini secepatnya dipasang tembok penahan, sehingga tidak makin meluas amblasnya,” ungkapnya. (**)

 

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.