Perdana di 2021, Walikota Pagaralam Lakukan Sambung Pucuk Tanaman Kopi

Sambung pucuk kopi, metode yang bikin hasil panen lebih maksimal.

Laporan: Novrico Saputra

Pagaralam, Sumselupdate.com – Walikota Pagaralam Alpian Maskoni, secara simbolis melakukan kegiatan sambung pucuk (stek) perdana tahun 2021, pada tanaman kopi milik Kelompok Tani Gemilang Jaya di Kelurahan Lubuk Buntak, Kecamantan Dempo Selatan, Jumat (26/03/2021).  Metode ini akan membuat hasil petani kopi lebih maksimal.

Read More

“Pemerintah Kota Pagaralam dalam visinya, mewujudkan Pagaralam maju, dengan konsep kesejahteraan masyarakat dan keindahan ekonomi, serta keadilan dalam memperoleh pendidikan,” kata Walikota melalui release Humas Pemkot Pagaralam.

Walikota melanjutkan, Pemkot Pagaralam secara bertahap melaksanakan program di bidang pertanian dan perkebunan, dalam memaksimalkan penggunaan lahan milik warga, serta meningkatkan produktivitas hasil pertanian, terkhusus tanaman kopi dengan mengalakkan sambung pucuk (stek).

Tanaman kopi yang disambung pucuk, memiliki keunggulan dalam jumlah hasil panen dibandingkan tanaman kopi yang belum disambung pucuk. Selain itu, peningkatan hasil pengelolaan dan pemasaran menjadi kesatuan yang tidak terpisahkan, serta perlu strategi khusus dalam penerapannya, sehingga kopi dapat menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat Kota Pagaralam.

Kegiatan sambung pucuk telah dilaksanakan di tahun sebelumnya, dan pada 2021, Pemkot Pagaralam telah menargetkan 1 Juta batang, bagi 36 kelompok tani, dan mendapat suplay tambahan 1 Juta batang yang bersumber dari Dana Bantuan Gubernur (Bangub) untuk 75 kelompok tani.

Walikota Pagaralam Alpian Maskoni berharap kedepannya, kegiatan sambung pucuk kopi dapat memberi manfaat dan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat Kota Pagaralam. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.