Peraih IPK Tertinggi UIN Raden Fatah Palembang Anak Petani Kopi Asal Semende Kabupaten Muaraenim

Susi Mahmudah bersama orangtuanya.

Laporan: Endang

Muaraenim, Sumselupdate.com – Wisuda merupakan bagian sejarah dalam hidup yang tak akan dapat dilupakan oleh seorang sarjana.

Bacaan Lainnya

Pada hari pemindahan kuncir itu merupakan momentum kebahagian bagi seorang mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya di perguruan tinggi.

Begitu pun dengan seorang gadis cantik anak petani kopi asal Semende, Kabupaten Muaraenim, Provinsi Sumatera Selatan ini.

Ya, dia adalah Susi Mahmudah peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi pada wisuda angkatan 74 Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Kamis (8/10/2020) lalu.

Di tengah kondisi serba kekurangan ekonomi keluarganya di desa, Susi Mahmudah justru dinobatkan sebagai wisudawati terbaik di antara ratusan rekan-rekannya yang lain. Susi Mahmudah berhasil meraih IPK tertinggi 3,97 atau nyaris sempurna.

“Ini prestasi yang membanggakan, karena saya adalah satu-satunya di keluarga yang berkesempatan untuk kuliah dan itu pun karena mendapat beasiswa kuliah gratis dari Gubernur Sumatera Selatan saat itu,” ungkap Susi Mahmudah saat diwawancarai media ini, Jumat (9/10/2020).

Menurut Susi, torehan prestasi ini dipersembahkannya untuk kedua orangtua tercintanya.

Susi Mahmudah peraih IPK tertinggi pada wisuda angkatan 74 Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang.

“Semua kebahagiaan ini saya persembahkan pada kedua orangtua saya yang telah mendidik dan berjuang keras mendukung saya hingga menjadi seperti sekarang ini. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Pak Alex Noerdin yang memberikan kesempatan saya untuk mencicipi bangku kuliah,” ungkapnya penuh rasa bahagia dan haru.

Kemudian Susi menambahkan bahwa dirinya juga bangga menjadi kader Pramuka, karena menurutnya dengan menjadi seorang pramuka banyak hal positif yang ia dapat, terutama tentang kedisiplinan.

“Dari Pramuka lah saya mendapatkan semua ini. karena di sini saya diajarkan untuk mandiri, tegar dalam segala kondisi, dan disiplin dalam melakukan semua hal. Disiplin inilah yang menjadi kuncinya, karena harus berbagi waktu antara kuliah, organisasi, dan kegiatan-kegiatan lainnya,” tambah anak kedua dari enam bersaudara ini.

Mahasiswi prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang menjabat sebagai Ketua Racana Nyi Ageng Malaka UIN Raden Fatah Palembang masa bakti 2020 ini berharap  ke depan agar apa yang ia raih akan menjadi pemicu semangat bagi generasi mendatang.

“Saya berharap prestasi yang saya raih ini dapat menjadi pemicu semangat bagi adik adik pramuka khususnya dan mahasiswa lain pada umumnya, bahwa Organisasi sebenarnya bukan penghambat kita untuk berprestasi, melainkan justru menjadi faktor pendukung dalam mengenyam pendidikan, ditambah lagi dalam menyelesaikan tugas akhir saya juga banyak dibantu pembina saya Kak Fajar Kamizi yang selalu memberikan motivasi dan arahan,” harapnya.

Peraih prestasi sebagai Pramuka Garuda golongan Pandega di Kwartir Cabang Kota Palembang tahun 2019 berpesan agar generasi berikutnya dapat terus belajar dan berkarya demi mewujudkan impian.

“Teruslah belajar dan berkarya, karena dengan itu kita akan dapat mewujudkan mimpi dan cita-cita kita,” pungkasnya. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.