Penyuluhan Tata Busana dan Etiket Pergaulan bagi Warga Tanjung Barangan RT 04 Palembang

Ketua Tim Pelaksana Pengabdian Kerjasama Dosen-Mahasiswa dari Jurusan Administrasi Bisnis Polsri, Purwati, SE, MM menyampaikan materi, Sabtu (7/9/2019).

Palembang, Sumselupdate.com – Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian Kepada Masyarakat.

Oleh karena itu salah satu kewajiban dosen adalah melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai bentuk kontribusi untuk negeri.

Bacaan Lainnya

Demikian halnya dengan Tim Pelaksana Pengabdian Kerjasama Dosen-Mahasiswa dari Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) dengan melakukan penyuluhan tentang tata busana dan etiket pergaulan bagi warga Jalan Tanjung Barangan RT 04,  Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan IB I Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Mariskha Z, SE, MM membuka penyuluhan tentang tata busana dan etiket pergaulan bagi warga Jalan Tanjung Barangan RT 04, Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan IB I Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu (7/9/2019).

 

Penyuluhan ini dilakukan pada hari Sabtu (7/9/2019) dalam rangka untuk menyelesaikan permasalahan dan menjawab tantangan yang ada dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat.

Penyuluhan ini disampaikan oleh Tim Pelaksana Pengabdian yang diketuai oleh Purwati, SE, MM dengan didampingi oleh Mariskha. Z, SE, MM, dan Esya Alhadi, SE, MMserta dibantu oleh tiga orang mahasiswa yaitu Sulistiana, Arshellia Rosa, dan Guspita Ria.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan penyuluhan ini adalah mengenai etika berbusana seperti pemakaian busana dengan melihat waktu (pagi, siang, dan malam), pemakaian busana dengan melihat tempat acara (kantor, gedung, atau rumah) dan kondisi (melayat, undangan, syukuran, dll).

Masyarakat Tanjung Barangan RT 04, Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan IB I Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan antusias mengikuti kegiatan penyuluhan.

 

Kemudian materi lain pemakaian busana dengan melihat bentuk tubuh (kurus, sedang, atau gemuk) dan warna kulit (putih, sawo mateng, atau hitam), perlengkapan yang harus dimiliki (seperti tas, sepatu, dan koleksi pakaian dalam), dan nilai pakaian yang digunakan maksimal 15 serta tidak boleh melebihi nilai tersebut namun jika kurang dari nilai tersebut diperbolehkan, bagaimana cara memadukan busana sehingga Nampak mix and Match.

Selain etika berbusana materi yang disampaikan berikutnya adalah etika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari dengan bahasan tentang bagaimana membina hubungan baik dengan orang lain, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di dalam pergaulan.

Bagaimana cara berkenalan dan berjabat tangan, apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di dalam berkenalan, bagaimana cara duduk dan berdiri di dalam pergaualan, bagaimana cara memberi teguran, berbicara dengan rekan, berbicara di depan umum dan berbicara di dalam kelompok, serta bagaimana cara memotong pembicaraan dan etiket pergaulan dengan lawan jenis.

Tim Pelaksana Pengabdian Kerjasama Dosen-Mahasiswa dari Jurusan Administrasi Bisnis Polsri.

 

Peserta dalam kegiatan penyuluhan ini begitu antusias dalam mendengarkan materi dan melontarkan beberapa pertanyaan kepada Tim Pelaksana.

Peserta yang hadir adalah ibu-ibu dari berbagai kalangan yaitu ada ibu rumah tangga, ada yang bekerja dan wirausaha.

Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu rumah warga yaitu Ibu Dewi yang berada di Jalan Temiyang Tanjung Barangan.

Akhir dari kegiatan penyuluhan ini diharapkan sebagai dosen dapat membagi ilmu bagi warga masyarakat dan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga apa yang telah disampaikan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.