Pengembangan Budidaya Anggur, Desa Tanding Marga Siap Jadi Percontohan

Kepala Desa Tanding Marga, Ahmad Riva'i (baju hitam) saat bersama Maman Wahari, melihat kondisi tanaman anggur

PALI, Sumselupdate.com — Desa Tanding Marga, kecamatan Penukal Utara, kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), siap menjadi desa percontohan di Bumi Serepat Serasan, dalam pengelolaan budidaya buah anggur.

Hal itu dikatakan langsung Kepala Desa Tanding Marga, Ahmad Riva’i saat dijumpai sejumlah media, di lahan kebun anggur miliknya, Senin (27/9/2021).

Read More

Dikatakan Riva’i bahwa dirinya mulai menggeluti budidaya anggur sejak enam bulan lalu.

Berawal dari ketertarikan dirinya, terhadap mengelola budidaya anggur yang diakuinya sebagai salah satu buah yang banyak diminati masyarakat.

“Kata siapa buah anggur tidak bisa tumbuh dan berkembang di kabupaten PALI. Saya buktikan di desa Tanding Marga, anggur sudah tumbuh bahkan kini, di lahan milik saya, sudah berbuah,” kata kades.

Dijelaskan Kades, dirinya siap menjadi pilot project dalam menjadikan desa Tanding Marga, sebagai desa percontohan budidaya anggur.

Apalagi sambung Kades, buah anggur memiliki banyak potensi, selain menghasilkan buah, daun anggur juga bisa diolah menjadi bahan makanan, teh, dan lain sebagainya.

“Serta bisa menjadi agrowisata di Desa Tanding Marga. Kita akan optimalkan pengembangan desa Tanding Marga, menjadi desa percontohan dalam pengembangan budidaya anggur. Serta harapan kami, kabupaten PALI, bisa menjadi sentral pengembangan budidaya anggur di Provinsi Sumatera Selatan,” tukasnya.

Sementara itu, Maman Wahari petani anggur dari Desa Jerambah Besi, yang telah sukses dalam mengembangkan budidaya anggur mengatakan, jika pihaknya akan melakukan pendampingan apabila ada warga, atau pemerintah desa yang hendak mengembangkan budidaya anggur.

“Kalau mau lihat-lihat terlebih dahulu, bisa datang ke kebun anggur di Desa Jerambah Besi. Setelah berminat, kami siap melakukan pembinaan dan pendampingan hingga berhasil,” tukasnya. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.