Pemuda ini Nekat Nyolong di Asrama Polisi, Akhirnya Kena Ciduk Deh

Pelaku saat diamankan di Mapolsek Talang Ubi

PALI, Sumselupdate.com — Dandi Juniardi (22), warga Talang Pipa Kelurahan Talang Ubi Barat, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI terpaksa harus merasakan dinginnya hotel prodeo.

Pemuda ini diciduk aparat lantaran aksi nekatnya mencuri di Asrama Polisi, Komperta Pendopo.

Bacaan Lainnya

Bahkan, pemuda yang tercatat sebagai petani di kartu identitasnya itu nekat mencuri barang-barang milik anggota polisi, lebih dari lima kali.

Korbannya pun bukan hanya satu saja melainkan ada beberapa anggota polisi lainnya, dari sepeda, sepatu, mesin rumput bahkan drum plastik tempat penampungan air pun diembat pelaku.

Kapolres PALI, AKBP Rizal Agus Triadi melalui Kapolsek Talang Ubi, Kompol Alpian Nasution didampingi Kanit Reskrim Ipda Bambang bahwa pelaku ini merupakan spesialis pencurian di Aspol yang telah meresahkan puluhan anggota polisi yang tinggal disana karena kerap kehilangan barang miliknya.

“Lebih kurang ada 10 TKP, yang menjadi tempat dari aksi sang pencuri. Untuk di perumahan Aspol sendiri, sudah enam kali beraksi. Selebihnya ada yang beraksi di kelurahan Handayani Mulya,” jelas Kapolsek.

Dijelaskan Kapolsek bahwa dalam melancarkan aksinya, pelaku sendirian.

“Dalam kronologinya, pada hari Selasa (27/2/21) sekira pukul 04.00 Wib, pelaku ini masuk pagar teras rumah asrama polisi milik HAIRIL ROZI, lalu pelaku mengambil sepeda dan sepasang sepatu milik anggota Polres PALI itu,” ungkap Kapolsek Talang Ubi, Rabu (2/6/21).

Kemudian ditambahkan Kapolsek Talang Ubi pada hari Senin (15/2/21) sekira pukul 03.00 Wib, pelaku Dandi masuk ke pagar belakang rumah asrama polisi milik Romi Haroyan, lalu mengambil mesin rumput dan drum plastik.

“Tidak sampai disitu, pelaku ini beraksi kembali pada hari Senin (1/3/21) sekira pukul 02.00 wib, dengan cara masuk ke belakang rumah asrama polisi milik Sumaryono, lalu pelaku mengambil drum plastik milik korbannya. Atas kejadian pencurian itu, korban mengalami kerugian sebesar Rp 10 juta dan melapor ke Polsek Talang Ubi,” tukasnya.

“Pelaku Dandi diamankan di rumahnya, pada Senin (31/5/2021) dini hari. Lalu dilakukan interogasi terhdap pelaku dan pelaku mengakui telah melakukan pencurian di sejumlah rumah di asrama polisi, kemudian tim Elang melakukan pengembangan dengan menyita barang bukti yang berhasil dicuri pelaku,” tambahnya.

Atas aksi pelaku itu, Kompol Alpian Nasution menegaskan bahwa pasal 363 KUHP menjerat pelaku dengan ancaman diatas 5 tahun penjara.
“Saat ini pelaku masih kita interogasi demi kepentingan pengembangan,” tandasnya.

Selain mengamankan pelaku, pihak kepolisian juga mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda, satu pasang sepatu olahraga Polri, satu unit mesin rumput dan lima buah drum plastik.

Sementara itu, dari pengakuan Dandi bahwa aksi nekat mencurinya di asrama polisi disebabkan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dirinya.

“Untuk drum aku jual satunya Rp 100 ribu, kalau sepeda aku jual Rp 1,5 juta. Aku beraksi sendirian, dengan cara menguras terlebih dahulu air dalam drum, kemudian aku jinjing dengan menggunakan sepeda motor. Duitnya aku pakek untuk makan pak,” terang pelaku. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.