Pelatih dan Atlet Rugby Asal Jepang Beri Kuliah Umum di Universitas PGRI Palembang

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka kuliah umum di Aula Drs H Aidil Fitrisyah, MM, Rabu (19/2/2020).

Palembang, Sumselupdate.com – Pelatih dan atlet olahraga Rugby asal Jepang menjadi nara sumber kuliah umum bagi mahasiswa dan dosen di Universitas PGRI Palembang.

Kuliah umum yang mengambil tema ‘Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda Dalam Berolahraga Melalui Permainan Rugby’ dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi di Aula Drs H Aidil Fitrisyah, MM, Rabu (19/2/2020).

Bacaan Lainnya

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka kuliah umum di Aula Drs H Aidil Fitrisyah, MM, Rabu (19/2/2020).

 

Kegiatan kuliah umum ini dihadiri Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Rugby Union Indonesia Sumatera Selatan Yudha Novanza Utama yang diwakili Sekretaris, Dede Umar dan Wakil Ketua, Nico Andrea.

Sedangkan dari Universitas PGRI Palembang, dihadiri Dekan FKIP, Dr Dessy Wardiah, MPd beserta jajaran, Ketua Prodi Pendidikan Jasmani, Farizal Imansyah, MPd dan para dosen.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi memberikan cindera mata kepada pemateri kuliah umum sekaligus pelatih pemainan Rugby, Shuhei Sugiura.

 

Adapun kuliah umum ini diikuti 400 peserta terdiri dari mahasiswa dan dosen yang berasal dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Jasmani, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Fisika, Matematika, Bimbingan Konseling, PG PAUD, PGSD, Sejarah, Akuntansi, Geograpi, dan Prodi Seni Pertunjukan.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum Pengprov Persatuan Rugby Union Indonesia Sumatera Selatan Yudha Novanza Utama yang diwakili Sekretaris, Dede Umar dan Wakil Ketua, Nico Andrea serta Dekan FKIP beserta jajaran, Ketua Prodi Pendidikan Jasmani, dan dosen.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi memberikan cindera mata kepada Sekretaris Pengprov Persatuan Rugby Union Indonesia Sumatera Selatan, Dede Umar.

 

Ucapan terima kasih juga disampaikan Rektor kepada Coach Shuhei Sugiura (World Rugby Level 1), dan atlet Rugby dari Jepang yang datang langsung ke Universitas PGRI Palembang

Menurut Rektor, olahraga Rugby ini milik semua mahasiswa Universitas PGRI Palembang. Sehingga siapa pun mahasiswa dapat bergabung dalam Rugby Universitas PGRI Palembang.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi dan Sekretaris Pengprov Persatuan Rugby Union Indonesia Sumatera Selatan, Dede Umar menunjukkan berkas MoU yang sudah ditandatangani bersama.

 

Pada kesempatan itu, Rektor lebih lanjut meminta kepada Ketua Prodi Pendidikan Jasmani untuk segera membentuk komunitas Rugby di perguruan tinggi yang dipimpinnya.

Senada dikatakan Sekretaris Pengprov Persatuan Rugby Union Indonesia Sumatera Selatan, Dede Umar.

Ketua Prodi Pendidikan Jasmani Universitas PGRI Palembang, Farizal Imansyah, MPd dan Sekretaris Pengprov Persatuan Rugby Union Indonesia Sumatera Selatan, Dede Umar menunjukkan berkas MoA yang sudah ditandatangani.

 

Dia mengucapkan terima kasih kepada Universitas PGRI Palembang yang telah menerima Rugby Sumsel dan juga pelatih dan atlet dari Jepang ini.

Dede berharap Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) ini ke depan akan terus ditingkatkan.

Peserta serius menyimak materi kuliah umum yang digelar di Aula Drs H Aidil Fitrisyah, MM, Rabu (19/2/2020).

 

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Rury Rishardi, MPd menjelaskan, pemateri kuliah umum ini berjumlah delapan orang terdiri satu pelatih dan tujuh atlet permainan Rugby yang berasal dari Ryutsu Keizai University Japan.

Ke delapan pemateri kuliah umum itu adalah Shuhei Sugiura (pelatih), Habiki Yokoyama, Takuma Kurokawa, Ryusei Omura, Yuji Masaki, Naoto Kajii, Takeshi Nakamura, dan Kensei Baba.

Peserta serius menyimak materi kuliah umum yang digelar di Aula Drs H Aidil Fitrisyah, MM, Rabu (19/2/2020).

 

Mengenai tujuan kuliah umum ini, menurut Rury, untuk mensosialisasikan permainan Rugby kepada seluruh mahasiswa FKIP Universitas PGRI Palembang.

Tujuan lain untuk menambah wawasan dan kemampuan calon guru Pendidikan Jasmani yang profesional kreatif dan inovatif di era globalisasi pada rumpun ilmu pendidikan jasmani.

Peserta serius menyimak materi kuliah umum yang digelar di Aula Drs H Aidil Fitrisyah, MM, Rabu (19/2/2020).

 

Sedangkan Riski mahasiswa Prodi Pendidikan Jasmani dan Suci Sellia Hilmar dari Prodi PGSD menyampaikan rasa senang dan bangga mereka mengikuti kuliah umum ini.

Apalagi di samping teori juga disampaikan berbagai praktek dasar permainan Rugby. Lebih lanjut mereka merasa bangga dan senang menjadi mahasiswa Universitas PGRI Palembang.

Berfoto bersama usai pembukaan kuliah umum.

 

Sebagaimana diketahui Rugby merupakan sejenis permainan bola tim yang dimainkan oleh dua tim.

Setiap tim mencoba mencetak skor dengan cara menyepak, melontar, atau membawa bola sehingga mereka dapat menyepak untuk melepaskan gol lawan atau menyentuh di belakang garis lawan. Tim yang mencetak poin paling banyak menjadi pemenang. (hyd)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.