Pelaku Penipuan Jual Beli Mobil di Lahat Berhasil Diamankan Polisi

SY (37) pelaku penipuan jual beli mobil diamankan polisi.

Laporan: Mutakim Alparizi

Tebing Tinggi, Sumselupdate.com – Seorang pria berinisial SY (37) pelaku penipuan jual beli mobil asal Desa Tanjung Jambu, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat, berhasil diamankan Sat Reskrim Polres Empat Lawang pada Selasa (29/11/2022).

Bacaan Lainnya

Diketahui pelaku telah menipu korban an Nopri warga Desa Sukarame, Kecamatan Lintang Kanan, Kabupaten Empat Lawang, pada Rabu, (07/09/2022) silam.

Kapolres AKBP Helda Prayitno, M.M melalui Kasat Reskrim AKBP M. Tohirin, S.H, MH, mengatakan, kejadian bermula saat korban ditelpon oleh pelaku yang saat itu mengaku, hendak menjual mobil miliknya dan menawarkan satu unit mobil truk Toyota Dyna tersebut kepada korban.

Pelaku juga mengakui bahwa, mobil tersebut lengkap dengan surat serta BPKB dilesingkan dengan jangka pelunasan empat bulan, hal ini membuat korban bercaya kepada pelaku. Sehingga terjadilah transaksi jual beli dengan pelaku menawarkan harga mobil tersebut Rp125 juta dan pelaku meminta kepada korban uang jadi atau DP sebesar Rp35 juta dengan kesepakatan korban meminta untuk mengubah truk tersebut menjadi truk dump dan pelakupun menyetujui,” ungkapnya.

Setelah korban mengirimkan uang DP sebesar Rp35 juta, pelaku kembali menghubungi korban dan meminta uang kepada korban sebanyak Rp25 juta dengan alasan untuk mengurusi surat–surat kendaraan tersebut, dikarenakan sudah percaya dengan pelaku, korban kembali mengirimkan uang yang diminta tersebut, dengan total uang yang sudah dikirimkan korban kepada pelaku sejumlah Rp60 Juta.

“Kemudian pelaku kembali meminta uang kepada korban dengan alasan untuk disetorkan kepada pemilik mobil truk dengan uang sejumlah Rp65 Juta, akan tetapi korban tidak menyetujui untuk melakukan pelunasan uang tersebut dikarenakan sepengetahuan korban bahwa satu unit mobil truk Toyota dyna tersebut milik pelaku, yang mana korban mengalami penipuan dan atau penggelapan uang sejumlah Rp60 juta dan korban melapor kan kejadian tersebut ke pihak kepolisian polres empat Lawang untuk ditindak lanjuti,” jelas Kasat Reskrim Kronologi penangkapan terhadap pelaku, pada hari Selasa 29 November 2022 yang dipimpin langsung oleh kasat Reskrim AKP M.Tohirin, S.H,M.H. bersama Kanit Pidum IPDA Ulta Deanto, SH, mendapatkan informasi bahwa pelaku penipuan dan atau penggelapan telah diamankan dan diserahkan oleh masyarakat yang kemudian dilakukan penangkapan oleh tim opsnal Polres Empat Lawang di ruang unit pidum sat Reskrim polres empat Lawang untuk diperiksa lebih lanjut.

Bersamaan dengan pelaku, berhasil diamankan barang bukti satu unit Handphone merk Vivo berwarna merah dan satu unit Handphone Merk Oppo berwarna biru. Atas perbuatannya pelaku terancam Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman lima tahun penjara. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.