Pasar Gurih Indonesia, Tarik Minat Raksasa e-Commerce Amazon

Minggu, 19 Juni 2016
Logo Amazon

Jakarta, Sumselupdate.com – Dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa dan semakin banyak warganya melek dengan internet, telah menjadikan Indonesia sebagai pasar yang gurih bagi para pebisnis. Tak terkecuali di ranah e-commerce.

Terakhir dikabarkan, raksasa e-commerce Amazon akan ikut meramaikan industri e-commerce Tanah Air.

“Amazon sudah mengumumkan akan membuka e-commerce di Indonesia. Dia akan menghabiskan investasi US$ 600 juta untuk tahun pertamanya di sini. Hanya saja belum diketahui kapan persisnya Amazon akan mulai beroperasi,” kata Daniel Tumiwa, Ketua Umum Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), belum lama ini sebagaimana dikutip dari laman Kontan.co.id.

Daniel memprediksi masuknya Amazon tidak akan mampu dilawan oleh e-commerce lokal. Soalnya tidak ada satu pun e-commerce Indonesia yang memiliki kemampuan modal maupun teknologi seperti Amazon. “Dia sudah gede banget. Punya semuanya,” ujar Daniel.

Advertisements

Dia mengungkapkan, terlihat pola Amazon yang menggunakan satu tahun pertamanya untuk menguji pasar suatu negara. Setelah itu barulah Amazon memutuskan akan tetap berada di sana atau minggat.

Di beberapa negara, Amazon dengan mudah berada di posisi puncak dalam waktu setahun. “Contohnya saja di India. Situs Flipkart yang semula jadi leader, marketnya langsung hilang 50% dalam waktu satu tahun,” jelas Daniel.

Walau sukses merajai e-commerce India, tapi Amazon tidak berhasil masuk ke pasar China yang sudah dikuasai Alibaba. “Setelah setahun di China, mereka keluar,” ujarnya.

Tidak hanya Amazon, lanjut Daniel, yang perlu diperhatikan ialah masuknya Alibaba ke Indonesia. Raksasa e-commerce asal China itu saat ini sudah masuk ke Indonesia dengan menjadi pemegang saham mayoritas di Indonesia. “Kita lihat saja, persaingannya akan jadi menarik,” pungkas Daniel. (adm3)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.