Palembang Alami Cuaca Terekstrem dalam 31 Tahun Terakhir

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas 1 Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), Wandayantolis.

Palembang, Sumselupdate.com – Buntut dari banjir 25 Desember lalu, BMKG Stasiun Klimatologi Kelas 1 Palembang mengingatkan cuaca ekstrim diprediksi masih akan terjadi sampai 2 Januari 2022.

Sebagai informasi, kategori curah hujan ekstrim ini mulai dari skala lebat di atas 50 mm perhari, sangat lebat di atas 100 mm perhari. Nah hujan 25 Desember itu 159-160 mm perhari, artinya 50 persen lebih tinggi dari kategori sangat lebat.

Read More

Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Kelas 1 Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), Wandayantolis mengatakan, dari awal sudah memberi  informasi bahwa akan ada peningkatan curah hujan selama musim hujan ini, terutama Desember, Januari dan Februari.

“Peringatan dini dari BMKG SMB 2 juga diingatkan sampai tanggal 2 Januari 2022 akan ada curah hujan ektrim di atas 50 mm perhari,” katanya, Senin (27/12/2021).

Hal ini akan berdampak signifikan jika pada saat hujan ekstrim tersebut terjadi pasang di laut, yang menyebabkan tinggi pasang air di sungai meningkat.

“Sehingga limpahan air hujan tidak serta merta mengalir ke sungai dan menyebabkan banjir,” katanya.

Curah hujan di Palembang saat alami banjir, tertinggi dalam  31 tahun terakhir. Jadi curah hujan pada 25 Desember ini memecahkan rekor baru hujan ektrim yang pernah terjadi untuk series bulan Desember.

“Untuk series Januari-Desember curah hujan kemarin itu merupakan series rangking ke 3 tertinggi dari semua catatan hujan yang pernah terjadi di Sumatera Selatan dalam 31 tahun terakhir,” katanya.

Menurutnya, pemicunya La Nina yang mendukung curah hujan, dan belokan angin yang memicu penumpukan massa udara. Dimana massa udara ini yang membentuk awan hujan yang menyebabkan potensi hujan tinggi.

“Hingga tanggal 2 Januari 2022 potensi dan peluang hal yang sama bisa terjadi,” katanya.

25 Desember kemarin dari wilayah Sumsel curah hujan tertinggi memang ada di Palembang. Walaupun pada malam harinya hujan cukup merata di seluruh Sumsel.

“Namun konsentrasi hujan tertinggi di dini hari itu tertinggi di Palembang, ekstrim di atas 100 mm,” katanya.

Bagi masyarakat yang memerlukan informasi curah hujan atau cuaca terkini, bisa download Info BMKG di aplikasi HP ataupun cek di website. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.