Opening PON Jawa Barat Berlangsung Meriah

Pembukaan PON XIX Jawa Barat.

Palembang, Sumselupdate.com – Opening Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat XIX/2016 berjalan lancar sehingga 44 cabang olahraga dari 756 nomor pertandingan resmi berjalan. Pembukaan dihadiri langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo beserta istri, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api Sabtu, (17/9/2016) malam, sangat meriah.

Masyarakat disuguhkan dengan tarian kontemporer ratusan penari dilengkapi lampu LED menghentakkan kaki ke tanah yang tiba-tiba hidup dengan jantung yang berdenyut, semua itu ingin menggambarkan kesaktian tanah di Pulau Jawa bisa menciptakan para legenda olahraga.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya tarian kolosal, dengan maksud sama selain olahraga, tanah Jawa Barat mampu melahirkan generasi pencinta seni serta menjunjung tinggi etnis kebudayaan asal.

Sebelum acara inti itu dibuka, masyarakat Bandung disuguhkan penampilan band tersohor asal Kota Kembang, Gigi memberikan penampilan selama satu jam. Lalu dibuka oleh hiporia pesta kembang api cukup mengejutkan dan memukau masyarkat.

Selanjutnya defile 33 kontingen provinsi. Sedangkan Provinsi Sumsel berada diurutan ke-31 sempat menunjukkan penampilan singkat di depan Presiden RI, melakukan seleberasi tulisan menyatakan Sumsel siap menjadi tuan rumah Asian Games 2018 nanti.

Urutan defile kontingen sendiri dimulai, yakni, Provinsi Aceh, Bali, Banten, Bengkulu, Yogyakarta, DKI Jakarta, Gorontalo, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalamantan Utara, Babel, Riau, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tengara Barat, Nusa Tengara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan terakhir ditutup tuan rumah Jawa Barat.

“Dengan mengucapkan bismillah PON di Jawa Barat saya buka,”kata Presiden Jokowi resmi membuka acara dan menekan tombol sirene.

Dia juga berpesan pelaksana PON sebagai ajang mencari atlet terbaik Indonesia untuk melanjutkan tongkat estafet berjaya di even Internasional yakni pelaksana Asian Games 2018 nanti. Jokowi juga meyakini semua atlet di seluruh Indonesia yang terlibat dalam PON hari ini adalah parah atlet terbaik dari berbagai provinsi di tanah air.

“Semua memang harus bergerak mulai dari lorong lorong hingga ke tingkat provinsi. Saya yakin semua yang datang adalah atlet terbaik Indonesia. Dari penyaringan ini (PON) kalian lah yang akan mewakili Indonesia di ajang Internasional,”pungkasnya.

Lalu api PON dihidupkan sebagai wujud semangat sportifitas olahraga. Dibawah oleh 7 atlet legenda Indonesia antara lain Susi Susanti, Ade Rai dan Taufik Hidayat. (tra)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.