Modus Bukti Transfer Palsu, Pria Ini Jadi Amukan Pedagang Ponsel di PS Mall

Penulis: - Kamis, 22 Februari 2024
Modus Bukti Transfer Palsu, Pria Ini Jadi Amukan Pedagang Ponsel di PS Mall
Modus Bukti Transfer Palsu, Pria Ini Jadi Amukan Pedagang Ponsel di PS Mall

Palembang, Sumselupdate.com – Seorang pria terduga pelaku penipuan modus bukti transfer palsu, menjadi amukan pedagang ponsel bekas dan pengunjung mall di Kota Palembang.

Aksi amuk massa itu terjadi di pelataran Palembang Square (PS) Mall yang berada di Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang, Kamis (22/2/2024) sekitar pukul 17.00 WIB.

Belakangan diketahui pria yang diamuk massa Herianto (31), warga Jalan Kaya 7, Lorong Lematang, Kelurahan 16 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu 2, Palembang.

Sebelum digebuki beramai-ramai, aksi terduga pelaku pertama kali dipergoki oleh pemilik gerai toko ponsel bekas yang tak kunjung menerima transferan dari pelaku.

Advertisements

“Pelaku menunjukan bukti sudah mentransfer uang, tapi di mobile banking korban belum ada masuk,” ucap salah satu saksi bernama Herman (48).

Baca Juga: Diduga Lakukan Penipuan, Oknum Polisi Polres OKU Dituntut 3 Tahun Penjara

Kata dia, terduga pelaku bukan kali pertama melakukan aksi tersebut, menurut informasi yang dia dapat dari pedagang ponsel lainnya, sudah beberapa kali dilakukan terduga pelaku dengan modus yang sama.

“Kalau cerita korban tadi memang sengaja dipancing, bukan pertama kali dia begitu,” ucapnya.

Beruntung saat terduga pelaku menjadi bulan-bulanan para pedagang yang kesal termasuk pengunjung mall, terdapat personel kepolisian yang kebetulan berada di TKP, sehingga terduga pelaku langsung diamankan.

“Untuk sementara sudah diamankan di polsek dan korban belum ada kerugian, jadi belum ado buat laporan, sebab baru mau melakukan tapi keburu ketahuan,” ucap Kapolsek Ilir Barat I Kompol Ginanjar Aliya Sukmana, SIK melalui Kanit Reskrim Iptu Muslim, SH saat dikonfirmasi Kamis (22/2/2024).

Iptu Muslim menuturkan kembali kronologis peristiwa ini, di mana terduga pelaku hendak membeli ponsel merek iPhone dengan harga Rp17 juta.

Baca Juga: Simak, Praktik Baru Penipuan Online dengan Modus Kirim Pesan ‘PPS PEMILU 2024’

“Setelah sepakat harga pelaku menunjukan hasil transaksi lewat website BCA sebesar Rp17,6 juta, korban melihat transfer belum berhasil, lalu korban merasa curiga dan meneriakan pelaku maling,” ucap Iptu Muslim.

Mendengar teriakan tersebut, massa yang berada di sekitar gerai langsung memukul pelaku.

“Dan ada satu anggota Polri yang berada di sekitar lokasi langsung membawa pelaku ke Polsek,” jelas Ismail.  (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.