Minat Pembeli Rumah Mulai Membaik

Ketua REI Sumsel Zewwy Salim.

Palembang, Sumselupdate.com – Real Estate Indonesia (REI) Sumatera Selatan (Sumsel) mencatat tahun ini minat pembelian rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) ataupun komersil mulai membaik dibandingkan 2020.

Ketua REI Sumsel Zewwy Salim mengatakan, pandemi Covid-19 menyebabkan minat pembelian hunian rumah menurun. Karena dampak pandemi memang lebih terasa menyerang perekonomian masyarakat.

Read More

“Bersyukur meningkat dari 2020, 2021 masih eksis walaupun meleset dari target. Dari 15.000 tercapai hampir 12.000,” katanya, Rabu (3/11/2021).

Zewwy mengatakan, target penjualan rumah tahun depan sama dengan tahun ini karena melihat kondisi pandemi yang belum tahu kapan berakhir.

“Sejauh ini minat masyarakat di Sumsel 85 persen lebih tertarik membeli rumah MBR, karena harganya terjangkau,” katanya.

Hanya saja Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) tahun ini sudah berakhir pada 31 Oktober lalu.

“Dimana Palembang wilayah Sumatera nomor 2 penyerapan rumah MBR tertinggi dan secara nasional nomor 6,” katanya.

Sementara itu untuk mengisi dua bulan terakhir hingga Desember ini, ada program Bantuan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT). Program ini memberikan bantuan subsidi yang muka Rp32 juta – Rp40 juta.

“Bantuan fasilitas perumahan berbasis tabungan, syaratnya harus memiliki tabungan di bank mana saja, bunganya komersil tapi dibantu di depan Rp32-40 juta,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.