Empat Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Agar Dapur Nyaman

Ilustrasi dapur kecil namun nyaman.

Jakarta, Sumselupdate.com – Punya dapur yang luas memang impian banyak ibu-ibu. Tapi bagaimana jika ruang dapur Anda terbatas?

Perlu diketahui bahwa dapur yang nyaman itu bukan selalu soal luasnya. Mau itu dapur yang luas atau pun sempit, selama Anda bisa menatanya dengan baik, ruangan tersebut akan terasa nyaman.

Read More

Masih belum yakin? Coba Anda bayangkan jika Anda punya dapur yang luas tapi banyak alat dapur yang letaknya sembarangan, suasananya sumpek, atau banyak debu dan kotoran, apakah Anda merasa nyaman?

Untuk menjadikan dapur Anda nyaman, ada empat hal penting yang mesti diperhatikan:

Tata Letak Alat Dapur

Suka taruh alat dapur sembarangan? Jika ya, sebaiknya ubah kebiasaan ini dari sekarang.

Mulai dengan mengelompokkannya berdasarkan fungsi atau dimensinya. Sebagai contoh; untuk alat makan, tempatkan piring, mangkok, sendok, dan garpu di rak piring.

Untuk alat dapur yang punya dimensi cukup besar, seperti blender dan mixer, bisa diletakan di dalam lemari dapur.

Dengan menata tempat alat dapur dengan rapi, Anda bisa menemukan perabotan tersebut dengan mudah, membuat dapur terlihat luas, dan menciptakan dapur yang tidak berantakan.

Pencahayaan

Jika dapur Anda terang, mood Anda pun bisa terjaga dengan baik ketika beraktivitas di tempat ini. Jadi selain mengandalkan cahaya matahari yang masuk dari jendela, pastikan pencahayaan dari lampu juga maksimal.

Anda bisa memasang beberapa lampu LED di kawasan masak-memasak ini.

Ilustrasi dapur kecil namun nyaman.

Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara di dapur harus bagus jika tidak, orang di dalamnya bisa ‘tersiksa’.

Caranya? Gampang., pastikan dapur Anda punya jendela ke arah luar rumah sehingga bau makanan terutama pada saat masak bisa keluar.

Bagaimana jika tidak memungkinkan punya jendela di ruangan dapur? Anda bisa mencoba alternatif lain seperti memasang hexos atau bahkan kitchen hood atau alat penghisap asap dapur untuk mengurangi bau asap dan udara kotor.

Kebersihan

Untuk soal kebersihan ini, ada dua hal yang perlu dibersihkan secara berkala. Pertama, ruangan dan yang kedua adalah alat dapur.

Untuk ruangan, dianjurkan untuk memperhatikan kebersihan lantai karena sering kali remah makanan, bekas tetesan minyak, kecap, atau saos, dan potongan kecil kemasan plastik berserakan di lantai.

Untuk kebersihan alat dapur, sebaiknya selalu dibersihkan setelah dipakai.

Jangan biarkan alat dapur yang kotor berserakan begitu saja karena dapat menimbulkan bau dan mengundang kuman dan bakteri.

Kotoran yang menempel pada alat dapur bisa menjadi kerak yang sulit dibersihkan dan dapat mempengaruhi fungsi alat tersebut. (rel)

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.