Menkes RI: Perhatikan Pola Makan Biar Tidak Obesitas

Saat Menkes RI Lina F Moeloek Bersama Rizki Dan Kedua Orangtuanya

Palembang. Sumselupdate.com – Menteri Kesahatan Republik Indonesia, Lina F Moeloek, meminta agar masyarakat terutama para orangtua agar selalu memperhatikan pola makan yang sehat. Ini untuk mencegah terjadinya kasus obesitas terhadap anak yang disebabkan gaya hidup yang kurang sehat.

Ia menyampaikan, pemerintah saat ini sebenarnya masih fokus terhadap upaya menanggulangi masalah gizi buruk. Namun, belakangan berkembang juga kepada kasus yang cukup menonjol yakni berat badan yang berlebihan, seperti yang dialami oleh Rizki Rahmad Ramadhon.

Bacaan Lainnya

“Kita cukup konsen dengan dua kasus tersebut, namun hendaknya diwaspadai pula oleh para orangtua anak,” katanya disela kunjungan kerjanya di Palembang, Sumatera Selatan, Jum’at (5/8).

Disebutkannya, tidak bisa dipungkiri Indonesia memiliki banyak variasi makanan yang enak-enak sehingga memicu orang atau anak-anak untuk makan. Akan tetapi, karena tidak mampu mengontrol, maka efeknya kepada obesitas.

Oleh karenanya, ia berpesan secara khusus kepada para tenaga medis dan dokter untuk selalu mengingatkannya, agar pencegahan secara dini bisa dilakukan.

“Kepada para dokter dan tenaga kesehatan untuk membantu memberikan himbauan kepada masyarakat mengenai bahaya berat badan secara berlebihan,” urainya.

Terkhusus terhadap kasus Rizki, bocah obesitas yang saat ini berat badannya mulai turun hingga 25kg dari sebelumnya mencapai 120kg, ia mengapresiasi keberhasilan tim dokter yang menanganinya. Namun, ia berpesan agar setiap hari dipantau secara berkala perkembangannya.

“Obesitas yang dialami Rizki tentu ada kaitannya dengan pola hidup dan pola makan, selain itu tentu adapula keluhan lain, jadi perlu dipantau secara tuntas,” pungkasnya. (adi)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.