Mengaku TNI, Rion Diamankan di Polsek Ilir Barat II

Rion Winarno ditangkap polisi karena melarikan hp.

Laporan: Haris Widodo

Palembang, Sumselupdate.com – Rion Winarno (40), warga Desa Jambu, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muaraenim, ditangkap di Kota Prabumulih, Jumat (24/12/2021) malam, lantaran membawa kabur dua buah hendphone merek Iphone 13 Promax dan Samsung A 728.

Read More

Diketahui dirinya merupakan pecatan anggota TNI terakhir berpangkat Sertu, yang melakukan tindak kejahatan dengan modus dengan mencari korban di media sosial, yang akan menjual barang untuk menjadi mangsanya.

“Ia pun berpura-pura membeli, lalu bertemu di komplek Mazidam II/swj untuk melakukan transaksi Cash On Delivery (COD),” kata Kapolsek Ilir Barat II Kompol M Ihsan, Sabtu(18/12/21) malam.

Kompol Ihsan menambahkan, saat beraksi pelaku mengaku, sebagai anggota TNI yang masih berdinas untuk meyakinkan korbannya, saat akan menemui korban pelaku memakai kaos TNI dan celana loreng.

Kemudian setelah hp sudah di tangannya, pelaku berpamitan dengan korban untuk mengambil uang. Bukannya membayar tersangka justru melarikan diri melaui jalan belakang Asrama Zidam II/Sriwijaya.

“Pelaku saat itu meyakinkan korban, dia mengenakan kaos biasa dan celana loreng TNI. Dan mengatakan akan mengambil uangnya di Asrama Zidam, namun tersangka langsung kabur melalui jalan belakang,” katanya.

Selanjutnya, pada Sabtu (18/12/2021) siang, saat kejadian pelaku mendatangi sebuah konter HP di Kota Prabumulih dan menemui Ridwan. Pelaku mengajak barter handphone A72 dengan handphone Vivo Y72 dan uang Rp800.000. Hingga kini pelaku masih dimintai keterangan untuk pengembangan lebih lanjut terkait kasus ini.

“Kita masih mendalaminya, karena anggota baru tiba dari Prabumulih. Tersangka merupakan pecatan anggota TNI yang saat ini sebenarnya sedang menjalani hukuman di Aceh, karena kasus disersi sejak April 2021 lalu, besok akan kita jelasi lagi,” tutup Ihsan. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.