Memasuki Era Digital, Pemkab OKU Timur Gelar Pelatihan Jurnalistik

Sabtu, 9 September 2023
Bupati OKU Timur Ir H Lanosin MT saat membuka pelatihan jurnalistik yang digelar di Kalianda Lampung, Sabtu (9/9/2023).

Laporan: Rahmat Agusman

Lampung, Sumselupdate.com – Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar pelatihan jurnalistik.

Bacaan Lainnya

Pelatihan dilaksanakan di Kalianda Lampung, Sabtu (9/9/2023) dan diikuti sebanyak 50 wartawan dari berbagai media yang bertugas di wilayah Kabupaten OKU Timur.

Dengan tema ‘Era Digital, Berita Sehat Menuju OKU Timur Maju’, pelatihan ini bertujuan meningkatkan kualitas SDM wartawan agar dapat menghasilkan berita yang bermutu, terpercaya dan berimbang dengan tetap berpedoman pada kaidah jurnalistik.

“Sebanyak 50 wartawan dari berbagai media, baik cetak, online maupun televisi mengikuti kegiatan ini,” ujar Sri Hartati, Kepala Dinas Kominfo OKU Timur saat menyampaikan laporannya.

Sementara itu, Bupati OKU Timur Ir H Lanosin MT dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan sangat mendukung kegiatan ini dalam meningkatkan kualitas informasi yang baik yang dihasilkan oleh para jurnalis.

“Di mana era saat ini adalah dunia tanpa pagar yang sangat mudah sekali dalam mengakses informasi,” ujar Bupati.

Untuk itu lanjutnya, dibutuhkan jurnalis yang dapat memberikan informasi yang terbuka namun berkualitas sesuai dengan tuntunan kaidah jurnalistik.

“Jurnalistik sangat penting, di mana tulisan para jurnalis ini dapat mempengaruhi pikiran masyarakat yang membaca tulisan atau karya jurnalistik tersebut,” sambungnya.

Ditegaskan Bupati, Pemkab OKU Timur siap mendorong peningkatan kualitas jurnalis OKU Timur dalam bidang peningkatan SDM yang ada.

“Pelatihan ini pertama kali dilakukan oleh Pemkab OKU Timur dan nanti kami harap ada sertifikat untuk rekan-rekan jurnalis yang mengikuti kegiatan ini,” tandasnya.

Dirinya berharap, rekan-rekan jurnalis yang hadir dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan serius.

Adapun narasumber dalam pelatihan ini yaitu Asmono Wikan dari Dewan Pers dan Ketua PWI Sumsel Dr H Firdaus Komar.

Selain itu turut hadir juga Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yudha, dan sejumlah kepala dinas. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.