Mahasiswa Asal Korea Senang dan Bangga Bisa Menimba Ilmu di Universitas PGRI Palembang

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, Msi menyampaikan ceramah umum kepada mahasiswa/i baru yang mengikuti PKKMB di halaman Gedung Lab Terpadu atau Business Science Center.

Palembang, Sumselupdate.com – Universitas PGRI Palembang menjadi salah satu perguruan tinggi terbesar dan dikenal hingga mancanegara.

Ini terbukti banyak mahasiswa dari berbagai provinsi di Indonesia dan manca negara menimba ilmu di perguruan tinggi tersebut. Salah satunya Go Young Jea yang berasal dari negara Korea.

Bacaan Lainnya

Go Young Jea saat ini merupakan satu dari 1.588 mahasiswa Universitas PGRI Palembang yang mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) selama enam hari mulai 16-21 September 2019.

Ketua Umum YPLP-PT PGRI Sumsel Hj Meilia Rosani, SH, MH memasang tanda peserta kepada mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB.

 

PKKMB yang dipusatkan di halaman Gedung Lab Terpadu atau Business Science Center dibuka secara resmi oleh Ketua Umum YPLP-PT PGRI Sumsel Hj Meilia Rosani, SH, MH, Selasa (16/9/2019).

Hadir dalam pembukaan PKKMB itu yakni, Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi, Ketua PGRI Provinsi Sumsel diwakili oleh Drs H Lukman Haris, Ketua YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel, Drs A Rivai, MEd, Ketua LL-DIKTI Wilayah II, Prof Dr H Slamet Widodo MS, MM.

Ketua Umum YPLP-PT PGRI Sumsel Hj Meilia Rosani, SH, MH memukul gong tanda dimulainya PKKMB.

 

Turut hadir Dr Yasir Arafat, MM (Wakil Rektor 2), Drs Sukardi, MPd (Warek 3), Aprizal Rosadian, SIP, MPd (Ketua Pelaksana) PKKMB yang juga sebagai Kabiro Org Kemahasiswaan, Alumni, Hubungan Antar Lembaga dan Org PGRI, para dekan, kepala biro, para ketua prodi, dosen, undangan, dan mahasiswa peserta PKKMB.

Ditemui di sela-sela kegiatan PKKMB, Go Young Jea mengungkapkan jika dia memilih Universitas PGRI Palembang untuk menimba ilmu karena perguruan tinggi tersebut besar dan dikenal hingga manca negara.

“Saya merasa senang mengikuti kegiatan PKKMB ini. Selain itu orang-orang di sekitar sini (Universitas PGRI Palembang –red) sangat baik dan bersahabat,” kata Go Young Jea.

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi memberikan hadiah khusus buku ‘Rekam Jejak Pengabdian Aidil Fitri Syah’ kepada mahasiswa yang berhasil menjawab quiz.

 

Sementara itu, dalam pembukaan PKKMB Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT sehingga kegiatan bisa terlaksana dengan baik.

Rektor meminta para peserta untuk mengikuti kegiatan secara baik, meminta para panitia, Raka, dan Rakanita untuk melaksanakan kegiatan PKKMB sebaik mungkin dan tidak ada hal-hal yang terjadi di luar koridor PKKMB.

Senada dikatakan Ketua Umum YPLP-PT PGRI Sumsel Hj Meilia Rosani, SH, MH yang mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru peserta PKKMB.

Ketua Umum YPLP-PT PGRI Sumsel Hj Meilia Rosani, SH, MH.

 

Tak lupa Meilia mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta PKKMB yang telah memilih Universitas PGRI Palembang sebagai tempat menimba ilmu atau kuliah.

Meilia menyampaikan bahwa salah satu tujuan dari PKKMB ini adalah selain untuk mengenal lingkungan kampus sekaligus silaturahmi, juga sebagai alat beradaptasi.

Pada kesempatan itu Meilia Rosani memberikan quiz atau beberapa pertanyaan kepada para peserta PKKMB dan memberikan hadiah khusus yaitu buku ‘Rekam Jejak Pengabdian Aidil Fitri Syah’

Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi.

 

Sementara itu, Wakil Rektor 3 Universitas PGRI Palembang yang juga Ketua Pelaksana PKKMB, Drs Sukardi, MPd menjelaskan bahwa total peserta pada PKKMB ini berjumlah 1.588 mahasiswa/i.

Menurut Sukardi, saat mengikuti PKKMB peserta dibagi 32 kelompok di mana setiap kelompok 50 orang dan dibimbing satu orang Raka/Rakanita.

Dijelaskan Sukardi, adapun kegiatan PKKMB diisi berbagai ceramah dan kegiatan lainnya. Di mana pada hari pertama diisi dengan ceramah umum, ceramah ke-PGRI-an, ceramah pengenalan sistem pendidikan tinggi di Indonesia dan program ‘General Education’ serta plagiarisme, ceramah pencegahan dan penanggulangan intoleransi, radikalisme, terorisme, dan anti-korupsi.

Ketua LL-DIKTI Wilayah II, Prof Dr H Slamet Widodo MS MM.

 

Kemudian hari kedua diisi dengan ceramah akademik, ceramah pembinaan kesadaran bela negara dan kehidupan berbangsa dan bernegara serta pembinaan gerakan revolusi mental, ceramah narkoba, ceramah kiat sukses/motivasi belajar di perguruan tinggi serta menggali prospek dan peluang kerja setelah lulus dari perguruan tinggi.

Ceramah pengenalan nilai budaya, etika, tata krama, dan norma dalam kehidupan kampus serta pencegahan kekerasan seksual di kampus, ceramah organisasi kemahasiswaan dan beasiswa.

Untuk hari ketiga kegiatan PKKMB diisi dengan ceramah kebangsaan dan bela negara, ceramah kesadaran lingkungan hidup dan kesiapsiagaan bencana kebakaran di perguruan tinggi, ceramah persatuan dan penggunaan media sosial dengan arif dan bijak.

Ketua Umum YPLP-PT PGRI Sumsel Hj Meilia Rosani, SH, MH, Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, Msi, Ketua PGRI Provinsi Sumsel diwakili oleh Drs H Lukman Haris, Ketua YPLP-PT PGRI Provinsi Sumsel, Drs A Rivai, Med berfoto bersama dengan pejabat Universitas PGRI Palembang.

 

Sementara itu usai pembukaan, Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, Msi menyampaikan ceramah umum, sedangkan Ketua PGRI Provinsi Sumsel diwakili oleh Drs H Lukman Haris, Msi menyampaikan ceramah ke-PGRI-an.

Untuk ceramah pengenalan sistem pendidikan tinggi di Indonesia dan program ‘General Education’ serta plagiarisme, disampaikan dengan gamblang oleh Ketua L2 Dikti Wilayah II Sumsel, Prof Dr H Slamet Widodo, MS, MM, dan ceramah perguruan tinggi di era Revolusi Industri 4.0 disampaikan APTISI Sumatera Selatan. (hyd)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.