Longsor, Jalan Penghubung Desa di Semende Muaraenim Putus

Kondisi jalan penghubung Desa Danau Gerak dan Desa Cahaya Alam Semendo yang longsong

Muaraenim, Sumselupdate.com – Tingginya intensitas ujan beberapa hari kemarin di wilayah Kecamatan Semende Muaraenim, membuat jalan penghubung utama Desa Cahaya Alam menuju Desa Danau Gerak Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU) Muaraenim, putus akibat longsor, Sabtu (4/4/2020) kemarin. Putusnya jalan ini membuat aktifitas masyarakat terganggu.

Peristiwa amblasnya badan jalan tersebut terjadi sekitar pukul 06.00 Wib pagi kemarin. Panjang jalan yang longsor sekitar 10 meter dengan kedalaman mencapai 20 meter. Terlihat retakan di sekitar lokasi sepanjang 50 meter.

Read More

Karena tidak dapat dilalui, aktifitas masyarakat menuju dan keluar kedua Desa Cahaya Alam dan Desa Danau Gerak dialihkan ke jalur alternatif dengan melewati perkebunan dan sawah masyarakat di sekitar lokasi.

Kepala Desa Cahaya Alam, Amrullah di dampingi Kades Danau Gerak Hendri dan Babinsa setempat mengatakan, akibat peristiwa tersebut masyarakat beraktifitas yang menggunakan kendaraan baik roda dua maupun empat tidak bisa lewat, sementara masyarakat terpaksa berjalan kaki dengan melewati jalan alternatif.

“Pemdes sudah menghimbau kepada masyarakat agar bersabar dan tetap berhati-hati, apalagi kondisi cuaca saat ini tidak menentu,” ungkapnya, seraya mengaku sudah melaporkannya ke pihak kecamatan dan BPBD Muaraenim.

“Kita berharap kiranya pemerintah secepatnya menanggulangi peristiwa tersebut sebab kondisi  ini sangat urgent untuk masyarakat beraktifitas dan mengangkut hasil bumi,” pungkasnya.

Sementara itu Hendri Kades Danau Gerak menambahkan pihaknya berusaha untuk mencari jalan alternatif agar bisa dilalui paling tidak kendaraan roda dua.  “Terkait hal ini, kami akan berkordinasi dengan warga pemilik kebun di sekitar lokasi longsor, minta izin kebunya untuk dilalui kendaraan sementara jalan ini belum benar”, kata Hendri.(azw)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.