Lomba Desa di Lahat Kembali Digelar

Selasa, 8 Maret 2022
Lomba desa di Lahat kembali digelar dengan diikuti 24 desa.

Laporan: A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Sempat terhenti karena Pandemi Covid-19, kini di 2022, lomba desa tingkat Kabupaten Lahat digelar kembali, dengan diikuti 24 desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lahat, Darul Effendi melalui Kepala Bidang (Kabid) PKAD, Arie Efendi membenarkan, bahwsanya lomba desa ini tertuang dalam Peraturan Dalam Negeri (Permendagri) No 81/2015 tentang evaluasi dan perkembangan desa atau kelurahan.

“Betul, lomba desa sempat tidak digelar karena Pandemi Covid-19. Kini, di 2022, setidaknya 24 desa berlomba-lomba menyiapkan diri untuk dinilai,” jelasnya, Selasa (08/03/2022).

Advertisements

Ditambahkannya, penilaian lomba desa ini ada tiga indikator, yang menjadi acuan dari masing-masing desa.

“Pemerintahan, wilayah dan kemasyarakatan. Ketiga poin itulah yang menjadi prioritas utama dalam tim penilai,” terang Arie.

Arie mengharapkan, desa yang sudah ditunjuk sebagai pemenang ditingkat kecamatan, agar sekiranya melengkapi dokumen administrasi yang mengacu kepada aturan yang ada.

“Berkas-berkas harus dilengkapi, termasuk juga perangkat desa, BPD dan unsur masyarakat masuk dalam penilaian,” tandasnya. (**).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.