Listrik Sering Padam, Warga Tungkal Jaya Minta PT MEP Digantikan PLN

Salah satu tuntutan Masyarakat Kecamatan Tungkal Jaya, Kabupaten Muba melalui Gerakan Mahasiswa dan Rakyat (Gempur) saat mendatangi kantor Camat, Senin (22/3/2021).

Laporan: Edi Setiawan

Sekayu, Sumselupdate.com – Masyarakat Kecamatan Tungkal Jaya, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang didampingi Gerakan Mahasiswa dan Rakyat (Gempur) mendatangi kantor Camat, Senin (22/3/2021).

Read More

Dalam aksi damai ini massa mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba untuk mengganti pengelolaan listrik dari PT Muba Elektrik Power (MEP) kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Koordinator Aksi Bambang Sujono mengatakan, aksi damai dilakukan lantaran dipicu buruknya pelayanan PT MEP khususnya di Kecamatan Tungkal Jaya.

Dikatakannya, aksi damai bagian  dari menyuarakan keluhan warga Tungkal Jaya, karena setiap hari PT MEP melakukan pemadaman tanpa tahu apa penyebabnya atau alasan.

Bambang mengatakan, pemadaman listrik ini dilakukan PT MEP hingga berhari-hari.

Menurut dia, buruknya pelayanan listrik di sebagian kecamatan di Muba tidak sebanding dengan sumber daya alam, jika ditinjau dari hasil bumi Muba.

“Seharusnya sudah lama permasalahan ini dieliminasi khususnya di Kecamatan Tungkal Jaya dan pemerintah mensubsidi masyarakat Tungkal Jaya untuk mendapat listrik gratis,” ungkap Bambang di sela aksi damai.

Massa yang menamakan Gerakan Mahasiswa dan Rakyat (Gempur) mendatangi kantor Camat mendesak Pemkab Muba mengganti pengelolaan listrik dari PT MEP kepada PT PLN.

Dikatakan Bambang, setiap kali ada pemadaman listrik, pihak PT MEP selalu beralasan ada gangguan yang tidak terdeteksi dan padamnya listrik tidak sebentar bisa sampai berhari-hari.

“Wajar saja jika sebagai besar masyarakat Tungkal Jaya mengeluh karena bayaran mahal pelayanan tidak sesuai. Masyarakat Tungkal Jaya menyuarakan bukan satu dua kali. Namun ini sudah ke sekian kalinya dan belum mendapat hasil maksimal,” cetusnya.

Berangkat dari persoalan itu, Bambang berharap Pemkab Muba segera mengambil sikap dengan menggantikan pengelolaan listrik di Kecamatan Tungkal Jaya dari PT MEP ke PT PLN.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT MEP, Augie Benyamin mengemukakan jika perusahaan yang dipimpinnya sudah bekerja sesuai prosedur.

“Kami dari MEP bekerja sesuai prosedur saja Pak. Terkait penggantian material yang rusak maupun pemeliharaan jaringan dan lain-lain, merupakan hasil rekomendasi dan inspeksi PLN dan PT Sucafindo,” kata Augie Benyamin saat dihubungi melalui aplikasi WhatsApp.

Terkait tuntutan warga Tungkal Jaya yang ingin pindah ke PLN, menurut pria yang akrab disapa Ogi ini, akan disampaikan langsung kepada Bupati, Ketua DPRD Muba, dan Komisi 2 DPRD Muba.

“Mereka yang akan segera memutuskan dan mengambil langkah terkait permintaan kawan kawan di Tungkal Jaya,” tandasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.