Lima Komisi DPRD Sumsel Setujui RAPBD 2016

Suasana rapat Paripurna DPRD Sumsel

Palembang, Sumselupdate.com – Setelah melalui pembahasan yang panjang, akhirnya 5 komisi di DPRD Sumsel dapat memahami dan menerima rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang APBD Perubahan tahun anggaran 2016.

Meskipun demikian, dalam rapat paripurna DPRD Sumsel, Rabu (14/9), sejumlah komisi tetap berharap agar SKPD di lingkungan Pemprov Sumsel bekerja profesional, walau sedang terjadi penghematan anggaran secara besar-besaran.

Bacaan Lainnya

Dalam laporannya, Komisi I DPRD Sumsel yang dibacakan oleh Ridwan, SE, menyatakan dapat menerima Raperda APBD P tahun 2016, yang selanjutnya disahkan menjadi perda. Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Komisi II yang dilaporkan Ir H Sujarwoto, Komisi IV yang disampaikan Asgianto, ST, dan Komisi III yang dilaporkan Ir H Uzer Efendi, SH.

Menurut Uzer, Komisi III tidak hanya dapat memahami dan sepakat bahwa raperda tentang APBD Perubahan tahun 2016 dengan segala perubahannya. Akan tetapi, Komisi III menyarankan agar SKPD dinas pendapatan daerah beserta seluruh UPTD Samsat dapat berupaya maksimal, agar target yang disepakati bisa terealisasi.

Sedangkan untuk BUMD milik pemprov Komisi III berharap agar lembaga tersebut bisa menjadi penyumbang PAD, dan dapat memberikan pendapatan bagi pengurus, perusahaan maupun pemegang saham.

Berkaitan dengan BUMD yang masih butuh bantuan penyehatan seperti PD Prodexim, pihaknya menyarankan Banwas menyusun rencana penyehatan. Sedangkan Komisi V DPRD Sumsel, yang dilaporkan oleh Erawan Abizar, mengatakan, meski semua SKPD mengalami efisiensi, pihaknya meminta agar hal tersebut tidak mempengaruhi kinerja SKPD. Dan anggaran yang tersisa bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Lebih jauh Komisi V meminta agar efisiensi anggaran RS Provinsi sebesar 12,5 M, hendaknya tidak mengganggu penyelesaian pembangunan RS Provinsi karena rumah sakit ini akan dimanfaatkan pada Asian Games 2018.

Rapat paripurna ini sendiri dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sumsel, H M Giri Ramandha N Kiemas, SH, MHum, didampingi Wakil ketua DPRD Sumsel, H M Yansuri, SIP, Nopran Marjani, SPd, Chairul S Matdiah, SH, MHum, dan anggota dewan lainnya.

Gubernur Sumsel dan jajarannya turut menyaksikan acara penting tersebut. Paripurna ini ditutup dengan penandatanganan raperda untuk disahkan menjadi perda. (ery)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.