Lembaga Pose RI Minta Usut Tuntas Dugaan Pengeboran Minyak Ilegal

Sabtu, 12 November 2022
IST

Laporan: Arie Idwan Sujana

Musi Banyuasin, Sumselupdate.com – Terkait dugaan adanya pengebor minyak ilegal (Ilegal Drilling) di Kabupaten Musi Banyuasin, tepatnya di Desa Tanjung Dalam, Kecamatan Keluang. Lembaga Pose RI meminta Aparat Penegak Hukum (APH) segera mengusut tuntas indikasi perbuatan melawan hukum tersebut.

Bacaan Lainnya

“Segera tutup secara permanen kegiatan ilegal drilling yang diduga kuat dikuasai pemodal oknum berinisial P dan yang diduga kuat ada oknum aparat penegak hukum, Kecamatan Keluang, Kabupaten Musi Banyuasin di belakangnya,” tegas Desri Levri SH, Ketua Umum Lembaga POSE RI, Jum’at kemarin  (11/11/2022) saat konferensi pers bersama puluhan awak media dengan poseRi dan MPDS di kedai Heny.

Lanjutnya, di Desa Tanjung Dalam, terdapat sembilan sumur bor illegal, yang suatu saat bisa saja mengakibatkan terjadinya kebakaran, peledakan, dan menimbulkan korban jiwa.

“Menyangkut hal tersebut, kami menduga ada melibatkan oknum-oknum yang melakukan pembiaran di wilayah hukum di Kecamatan Keluang,” ungkapnya.

Adanya kegiatan pengebor sumur minyak ilegal ini membuktikan bahwa, instruksi Kapolri dan Kapolda Sumsel yang meminta berantas tuntas tambang-tambang minyak ilegal tidak diindahkan.

Desri mengatakan, pihaknya mendukung program Kapolri dalam memberantas Ilegal Drilling. Untuk itu, dalam waktu dekat ini pihaknya bersama Mahasiswa Pemerhati Demokrasi Sumsel (MPDS) akan menggelar aksi damai mengemukakan pendapat di muka umum terkait adanya ilegal Drilling di Desa Tanjung Dalam.

“Hari Senin 21 November ini kita akan menggelar aksi damai di Mapolda Sumsel, meminta pihak berwajib mengusut tuntas dugaan kuat adanya ilegal drilling tersebut. Kami minta copot jabatan dan beri sanksi oknum Penegak Hukum Kecamatan Keluang, Kabupaten Musi Banyuasin, yang diduga kuat ikut terlibat,” katanya. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.