Layanan dan Teknik Penelusuran Informasi dalam Perpustakaan

Arnilah (Mahasiswi S1 Ilmu Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang)

ARTIKEL ini membahas tentang kegiatan dan teknik pelayanan dalam temu kembali informasi di perpustakaan yang sangat penting karena merupakan salah satu kegiatan yang berhubungan langsung dengan pengguna.

Kegiatan loyalitas juga merupakan sarana untuk mengukur keberhasilan organisasi perpustakaan. Kegiatan pelayanan perpustakaan selalu diarahkan dan difokuskan pada bagaimana memberikan pelayanan dan informasi yang baik sesuai dengan keinginan masyarakat pengguna perpustakaan.

Bacaan Lainnya

Berbagai kegiatan loyalitas yang dilakukan perpustakaan semuanya ditujukan untuk pemanfaatan bahan pustaka dan fasilitas yang dimiliki perpustakaan.

Semua orang pasti membutuhkan informasi dalam kehidupannya. Tentunya kebutuhan setiap orang akan informasi berbeda-beda satu sama lainnya.

Informasi yang telah ada mengandung segala jenis data, fakta ataupun keterangan yang sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat dimanfaatkan seseorang dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu tempat untuk mendapatkan informasi adalah di perpustakaan. Perpustakaan sebagai lembaga pelayanan jasa dan informasi hendaknya dapat memberikan informasi bagi penggunanya.

Ketersediaan informasi yang lengkap, keberadaan fasilitas yang memadai dan ditunjang dengan pustakawan yang berkompeten merupakan aset bagi perpustakaan untuk menjadi tempat tujuan bagi pengguna dalam memperoleh informasi dari apa yang mereka ingin tahu, ingin pelajari maupun ingin mereka peroleh.

Metode Penelitian

Metodologi merupakan keseluruhan dari cara penelitian yang didasarkan pada pendekatan tertentu, sedangkan metode penelitian lebih merupakan rincian teknik-teknik yang dilakukan dalam sebuah penelitian.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data mellaui observasi dan studi literatur.

Penelitian kualitatif digunakan untuk memberikan penjabaran atau penjelasan yang nyata dari sebuah peristiwa dan menagkap makna yang terjadi di ranah yang diteliti.

Keunggulan dari penelitian kualitatif adalah data atau informasi dapat ditelusuri dan di peroleh seluas-luasnya sesuai dengan variasi yang baik dan benar.

Penelitian ini akan menganalisis dan mendeskripsikan Layanan dan teknik penelusuran informasi karya ilmiah di Perpustakaan Universitas Sriwijaya.

Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan studi literatur melalui sumber -sumber informasi yang sesuai dengan aspek yang diteliti.

Strategi penelusuran informasi merupakan suatu ilmu sekaligus seni dalam menggunakan pengetahuan mengenai subjek pada sistem temu kembali informasi.

Strategi penelusuran ini diperlukan untuk mencapai tujuan, dan untuk mencapai efektifitas dalam berbagai kegiatan penelusuran. Sebagai suatu ilmu (science),

Penelusuran informasi bertujuan untuk memudahkan mengguna dalam temu kembali informasi yang dibutuhkan.

Perpustakaan Universitas Sriwijaya yang terdapat koleksi buku yang tercetak dan berbagai jenis contoh laporan, seperti laporan Ilmiah, Skripsi dan lain-lain.

Layanan Pada Perpustakaan Unsri

Pada hari Jumat, 4 Juni 2021 saya berkunjung ke perpustakaan Universitas Sriwijaya (Unsri). Di sana banyak sekali terdapat koleksi-koleksi buku yang tercetak dan berbagai jenis contoh laporan, seperti laporan Ilmiah, Skripsi dan lain-lain.

Adapun teknik  layanan yang digunakan pada perpustakaan tersebut adalah Menggunakan Layanan Sirkulasi.

Layanan sirkulasi merupakan salah satu jasa perpustakaan yang pertama kali dan berhubungan langsung dengan pengguna perpustakaan.

Layanan sirkulasi bertujuan untuk membantu pemustaka dalam proses peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan bahan pustaka.

Prosedur layanan peminjaman dalam sirkulasi ini meliputi aktivitas pemilihan buku sampai buku bisa dipinjam oleh pemustaka dengan melalui proses peminjaman di bagian layanan sirkulasi, namun pada saat itu layanan tersebut belum diterapkan.

Katalog online atau biasa yang di sebut dengan OPAC, merupakan katalog yang berisikan cantuman bibliografi dari koleksi satu atau beberapa perpustakaan, datanya disimpan pada magnetic disk atau media rekam lainnya, dan dikirim secara online kepada pengguna.

OPAC ini adalah sistem katalog terpasang yang dapat diakses secara umum dan dapat dipakai oleh pengguna untuk menelusuri data katalog (untuk memastikan apakah perpustakaan menyimpan karya tertentu dan untuk mendapatkan informasi tentang lokasinya) dan jika sistem katalog tersebut dihubungkan dengan sistem sirkulasi.

Adapun beberapa beberapa teknik penelusuran yang biasanya ada di perpustakaan dengan memanfaatkan berbagai alat sumber penelusuran sebagai berikut:

a. Penelusuran Informasi Melalui Katalog Perpustakaan

Penelusuran menggunakan katalog perpustakaan ini biasanya difokuskan untuk menemukan sebuah kode atau angka klasifikasi yang akan menuntun pemakai ke dalam sumber informasi atau koleksi perpustakaan yang dibutuhkan.

b. Penelusuran Informasi Melalui Bibliografi

Teknik ini mirip dengan katalog, hanya bibliografi cakupannya lebih luas lagi yakni tidak hanya berupa koleksi yang dimiliki perpustakaan akan tetapi juga di  luar perpustakaan.

c. Penelusuran Informasi Melalui Indeks

Indeks sering diartikan sebagai daftar istilah penting yang terdapat dalam  sebuah karya tulis atau bahan pustaka yang disusun secara alphabetis.

d. Penelusuran Informasi Melalui Abstrak

Hal yang membedakan antara indeks dan abstrak adalah indeks hanya sampai pada informasi kepada penunjukkan tempat suatu informasi disimpan, sedangkan abstrak di samping menunjukkan tempat informasi, juga memuat ringkasan informasi dari subyek yang ada. (**)

Arnilah dan Ahmad Wahidi, SAg, SIP, MPdI (Mahasiswi S1 Ilmu Perpustakaan dan Dosen Ilmu Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.