KPU Ogan Ilir Batalkan Pencalonan, Ini Kata Ketua Tim Pemenangan Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ogan Ilir pertahana Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak.

Laporan: Henny Primasari

Palembang, Sumselupdate.com Ketua Tim Pemenangan Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak, H Yulian Gunhar SH MH angkat bicara terkait keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Ilir.

Bacaan Lainnya

Sebagaimana diketahui KPU Ogan Ilir membatalkan pencalonan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ogan Ilir pertahana Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) 9 Desember 2020 nanti.

Dalam postingannya di media sosial facebook, Yulian Gunhar yang kesehariannya anggota DPR RI Komisi VII Dapil Sumsel 2 menyampaikan beberapa hal terhadap para tim dan pendukung Ilyas-Endang.

Yulian Gunhar mengatakan, dengan keputusan KPU Ogan Ilir tersebut, masih ada upaya hukum yang bisa ditempuh dan mempercayakan kasus ini kepada Tim Hukum pemenangan Ilyas-Endang.

Dikatakan Yulian Gunhar, selama upaya hukum dilakukan di Makamah Agung, pasangan calon Ilyas-Endang yang dibatalkan masih dapat melakukan kampanye sampai ada keputusan.

“Rekomendasi bawaslu adalah kita diduga melakukan pelanggaran pasal 71 ayat (3) UU no 10 tahun 2016 atas rekomendasi tersebut, KPU mengeluarkan putusan pembatalan (diskulifikasi) paslon no urut 2. Dalam pasal 135A UU no 10 tahun 2016 mengatur bahwa atas putusan KPU tersebut, paslon yang dibatalkan dapat melakukan upaya hukum ke Mahkamah Agung paling lambat tiga hari setelah putusan KPU tersebut dikeluarkan dan Mahkamah Agung akan mengeluarkan putusan dalam jangka waktu paling lama 14 hari kerja. Selama upaya hukum tersebut dilakukan di Makamah Agung, paslon yang dibatalkan masih dapat melakukan kampanye sampai ada keputusan dari Mahkamah Agung,” tulis Yulian Gunhar dalam postingannya.

Pada akhir postingannya itu, Yulian Gunhar meminta seluruh tim dan pendukung tetap menjaga kekompakan dan suasana kondusif di wilayah masing-masing. “Semakin Keras pertarungan, semakin Nikmat kemenangan…!,” katanya.

Berikut pernyataan Yulian Gunhar:

Assalamualaikum wr wb !

Salam 2 Periode …

sehubungan dengan keputusan KPUD tentang pembatalan pasangan calon no 2, maka Sebagai ketua Tim Pemenangan Ilyas – Endang saya menyampaikan hal hal sebagai berikut :

1. Tetap tenang dan berdoa.

2. Selalu Semangat, Jangan Kendor.

Masih ada Upaya2 Hukum yang bisa kita tempuh, percayakan semua nya kepada Tim Hukum pemenangan Ilyas – Endang.

3. Pelaksanaan kampanye Tim Ilyas – Endang masih terus berjalan.

4. Jaga soliditas, rapatkan barisan.

#Contoh kasus.

Contoh Pare2, Kasus samo persis dengan Ogan Ilir.

Rekomendasi bawaslu adalah kita di duga melakukan pelanggaran pasal 71 ayat (3) UU no 10 tahun 2016 atas rekomendasi tersebut, KPU mengeluarkan putusan pembatalan (diskulifikasi) paslon no urut 2,,, dalam pasal 135A UU no 10 tahun 2016 mengatur bahwa atas putusan KPU tersebut, paslon yang dibatalkan dapat melakukan upaya hukum ke Mahkamah Agung paling lambat 3 hari setelah putusan KPU tersebut di keluarkan dan Mahkamah Agung akan mengeluarkan putusan dalam jangka waktu paling lama 14 hari kerja, selama upaya hukum tersebut di lakukan di Makamah Agung, paslon yang di batalkan masih dapat melakukan kampanye sampai ada keputusan dari mahkamah agung

5. tetap jaga kekompakan dan suasana kondusif di wilayah kita masing-masing

Semakin Keras pertarungan, semakin Nikmat kemenangan…!

Ketua Tim

Pemenangan Ilyas – Endang

Yulian Gunhar SH MH

Postingan Yulian Gunhar di media sosial facebook.

Sebelumnya, Ketua KPU Ogan Ilir Massuryati, usai mendapat rekomendasi dan menggelar rapat pleno dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ogan Ilir, Senin (12/10) pukul 21.00 wib malam mengatakan, pencalonan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak dibatalkan.

Massuryati menegaskan keputusan KPU Ogan Illir ini merupakan tindaklanjut dari rekomendasi yang diberikan Bawaslu Ogan Ilir.

“Adapun tindak lanjut rekomendasi dari Bawaslu yang kami lakukan adalah melaksanakan ketentuan Pasal 71 Ayat 5 dengan keputusan KPU Ogan Ili SK : 263/HK.0.1-KPT/1610/KPU-KAP/X2020 tentang pembatalan peletakan pasangan calon bupati dan wakil bupati Ogan Ilir nomor urut 2, yakni Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak,” kata Massuryati

Rekomendasi ini, lanjut Massuryati, disampaikan Bawaslu Ogan Ilir pada 5 Oktober lalu.

“Setelah tujuh hari setelah rekomendasi diserahkan, hari ini merupakan hari terakhir KPU Ogan Ilir menyampaikan rekomendasi Bawaslu tersebut,” kata Massuryati.

Setelah mengumumkan diskualifikasi kepada paslon nomor urut 2, KPU Ogan Ilir secepatnya akan melayangkan surat diskualifikasi tersebut kepada paslon bersangkutan.

“Secepatnya kami layangkan surat diskualifikasi,” jelas Massuryati.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Ilir menetapkan pembatalan pasangan calon wakil bupati dan wakil bupati Ogan Ilir, Ilyas Panji Alamdan Endak PU Ishak.

Adapun keputusan KPU Ogan Ilir itu :

Kesatu : Menetapkan pembatalan pasangan calon sebagai peserta pemilihan serentak bupati dan wakil bupati tahun 2020 berupa sanksi administrasi pembatalan pasangan calon

Kedua : pesangan calon dikenakan sanksi administrasi pembatalan pasangan calon dimaksud dalam diktum kesatu pasangan Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak nomor urut 2, tidak diikutkan dalam peserta pemilihan bupati dan wakil bupati Ogan Ilir Tahun 2020. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.