Korsleting Listrik Diduga Pemicu Kebakaran di RSUD dr H Rabain Muaraenim, Pasien Kembali Tempati Sal

Suasana proses evakuasi pasien saat Lantai 2 Gedung RSUD dr H Rabain Muaraenim mengalami kebakaran, Rabu (17/3/2020) pagi.

Laporan: Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com – Peristiwa kebakaran yang terjadi di Lantai 2 Gedung Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Rabain Muaraenim, Rabu (17/3/2020) sekitar pukul 10.00 WIB, diduga dipicu korselting listrik.

Bacaan Lainnya

Penyebab kebakaran di rumah sakit tersebut terungkap setelah Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Muaraenim Emran Tabari meninjau langsung lokasi pasca-kebakaran di RSUD H M Rabain Muaraenim.

Emran Tabari menginstruksikan agar tidak menyepelekan pemeliharaan instalasi jaringan listrik karena hal tersebut yang diduga menyebabkan terjadinya kebakaran yang berasal dari panel ups di sebelah Ruang Operasi (OK) Lantai 2.

“Peristiwa ini menjadi pelajaran bagi kita semua ke depan agar pihak rumah sakit untuk senantiasa rutin melakukan pengecekan instalasi listrik, utamanya kepada teknisi rumah sakit dan tentu berkoordinasi dengan pihak PLN untuk melakukan pemeliharaan terhadap jaringan instalasi listrik karena sebagian besar kebakaran itu saat ini disebabkan oleh konsleting listrik,” kata Emran Tabari.

Pada kesempatan itu, Emran Tabari mengucapkan terima kasih kepada petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan BPBD dan dari PT Bukit Asam yang sudah begitu sigap mendatangkan mobil pemadam kebakaran.

“Alhamdulillah hanya panel UPS yang terbakar dan tidak menjalar ruangan lain dan dengan kesigapan para petugas seluruh pasien sudah bisa dievakuasi dan tidak ada korban jiwa,” tuturnya.

Plt Sekda Muaraenim Emran Tabari meninjau langsung lokasi pasca-kebakaran di RSUD H M Rabain Muaraenim.

Di tempat yang sama, Wakil Direktur II RSUD HM Rabain Muaraenim Yusrizal, SKM, MPH mengatakan, semua pasien yang berada di lantai dua sudah dievakuasi di halaman Mapolres Muaraenim menggunakan tenda evakuasi.

“Saat ini perbaikan instalasi listrik sudah selesai dilakukan oleh pihak PLN. Maka semua pasien akan dikembalikan ke dalam sal ruangan mereka masing-masing,” tuturnya.

Sebelumnya, Wakapolres Muaraenim Kompol Agung Adhitya Prananta, SH, SIK, MH saat terjadi Kebakaran di lantai dua Gedung Utama RSUD dr H Rabain Muaraenim, sigap melakukan langkah evakuasi pasien.

Pada saat mengetahui terjadi kebakaran, Agung Adhitya memerintahkan seluruh personel Polres Muaraenim untuk membantu evakuasi pasien keluar dari rumah sakit.

Pasien dan keluarga pasien dievakuasi untuk diamankan ke halaman Mapolres Muaraenim dan diberi pertolongan pertama.

Selanjutnya Wakapolres Muaraenim bersama dengan petugas pemadam kebakaran, petugas rumah sakit, dan personel Polres Muaraenim menelusuri sumber asap yang mengepul.

Diketahui ada percikan api di ruang panel UPS listrik, sehingga semua akses listrik ke panel UPS langsung dipadamkan.

Selanjutnya Wakapolres bersama dengan petugas pemadam dan rumah sakit melakukan penyemprotan di panel UPS yang terbakar dengan menggunakan APAR atau Alat Pemadam Api Ringan.

Kapolres Muaraenim AKBP Danny Sianipar, SIK mengucapkan rasa syukur kobaran api segera bisa dikuasai dengan cepat. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.