Keterangan Saksi Ahli Ringankan Terdakwa, Juarsah Berharap Bebas

Kuasa Hukum terdakwa Bupati Muaraenim nonaktif, Juarsah menghadirkan dua saksi ahli dua orang saksi, Ahli Hukum Pidana yakni Dr Sri Sulastri SH M Hum, dan Drs Ardiyan Saptawan SH M Si.

Palembang, Sumselupdate.com – Kuasa Hukum terdakwa Bupati Muaraenim nonaktif, Juarsah, menghadirkan dua saksi ahli dua orang saksi, Ahli Hukum Pidana yakni Dr Sri Sulastri SH M Hum, dan Drs Ardiyan Saptawan SH M Si.

Dihadapan majelis hakim yang diketahui oleh hakim Sahlan Effendi SH MH, kuasa hukum terdakwa menghadirkan langsung dua saksi ahli dihadapan majelis hakim PN Tipikor Palembang, Selasa (21/9/2021)

Read More

Menanggapi saksi ahli yang dihadirkan kuasa hukum terdakwa, JPU KPK Rikhi B Maghaz mengatakan, berdasarkan pertanyaan dan jawaban ahli tadi lebih mengarah pada wewenang jabatan Wakil Bupati.

“Mereka menekankan bahwa, ada perbedaan tanggung jawab antara Bupati dan Wakil Bupati. Dengan demikian keterangan saksi ahli tadi justru membandakwaan JPU dalam perkara ini,” jelasnya

Ia menjelaskan bahwa, keterangan ahli tadi, masih formal-formal saja, tidak ada yang membantah fakta-fakta persidangan, mengenai tugas dan wewenang terdakwa Juarsah selaku wakil Bupati saat itu.

“Bagi kami keterangan dua orang ahli tadi justru membantu dakwaan kami dalam perkara ini,” ujarnya.

Sementara itu, kuasa hukum terdakwa Juarsah, Taufik Rahman SH MH didampingi oleh Daud Dahlan SH MH mengatakan, jika dari keterangan saksi mengenai materil dan formal dalam perkara ini.

“Bahwa ahli tadi menyatakan jika tidak bisa saksi hanya satu, atau testimoni De Auditu, harus dibarengi dengan surat dan pengakuan dari terdakwa itu sendiri,” ungkap Taufik Rahman

Pihaknya berkeyakinan jika dari pendapat ahli pada persidangan tadi sudah tepat dan jelas.

Usai sidang saat diwawancarai Juarsah, mengatakan, ia berharap dapat bebas dari jerat hukum dalam perkara ini.

“Tadi sudah kita dengar sama-sama, selebihnya saya serahkan pada tim kuasa hukum saya. Selain itu, berdasarkan fakta persidangan, dan sesuai apa yang diri saya lakukan dan diri saya alami, saya berharap dapat bebas dari segala dakwaan dan pidana ini,” tutupnya. (Ron)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.