Kemenkumham Catat 2 Rekor MURI pada Lomba Esports

Kemenkumham Catat 2 Rekor MURI pada Lomba Esports

Jakarta, Sumselupdate.com – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mencatatkan dua rekor di bidang Esports pada Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Minggu (7/8/2022).

Rekor MURI diterima atas penyelenggaraan Esports dengan peserta Aparatur Sipil Negara Terbanyak, yaitu 3.326 orang yang terbagi 668 tim. Para peserta merupakan pegawai Kemenkumham yang berasal dari Satuan Kerja di seluruh Indonesia.

Read More

Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto menjelaskan Esports merupakan salah satu cabang olahraga yang diakomodir oleh Persatuan Olahraga Pengayoman Kemenkumham.

“Esports layak dikompetisikan di Kemenkumham karena mengasah kemampuan pegawai seperti strategi, kecepatan, dan ketangkasan seperti cabang olahraga lainnya,” jelas Andap, Minggu (07/02).

Esports, lanjut Andap, memenuhi unsur sportivitas, unsur prestasi, dan unsur kompetitif.

Kemenkumham Catat 2 Rekor MURI pada Lomba Esports

Kompetisi Esports pegawai Kemenkumham dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, 6-7 Agustus 2022. Kemenkumham memilih waktu akhir pekan agar tidak mengganggu pelaksanaan pelayanan publik.

“Jadwal kegiatan sudah kami atur supaya pelayanan publik Kemenkumham tidak terganggu. Peserta Esports tetap melaksanakan pelayanan pada hari kerja seperti biasanya,” sambung Andap selaku Ketua Umum Peringatan Hari Kemenkumham ‘HDKD Ke-77’ Tahun 2022.

Kompetisi Esports Kemenkumham diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Dharma Karya Dhika ke-77. Kompetisi dibagi dalam dua kategori yaitu PUBG dan Mobile Legends.

Esports sendiri telah diakui oleh Komisi Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sebagai cabang olahraga resmi di Indonesia sejak tahun 2020. Dengan penetapan ini, Esports dapat dipertandingkan secara resmi sebagai cabang olahraga.

Pemerintah juga telah menetapkan PB Esports Indonesia, di bawah KONI, sebagai satu-satunya badan resmi pemerintah yang menaungi Esports sebagai olahraga prestasi.

Sementara Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Harun Sulianto mengatakan bahwa dalam rangka HDKD ke-77 tahun 2022 ini, Kanwil Kemenkumham Sumsel juga turut menggelar Perlombaan Mobile Legend dalam rangka E-Sport Piala Kakanwil Sumsel.

Kegiatan dilaksanakan pada 18 Juli 2022 lalu di Aula Kanwil Kemenkumham Sumsel, diikuti sebanyak 144 orang atau 36 tim yang berasal dari 18 UPT Pemasyarakatan dan lmigrasi di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Pemenang Perlombaan Mobile Legend di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel tersebut adalah Juara 1 Lapas Kelas IIA Banyuasin, Juara 2 Lapas Kelas IIA Lahat, Juara 3 Lapas Kelas IIB Sekayu, dan Juara 4 Lapas Kelas IIB Muaraenim.(rel)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.