Kemenag OKU Benarkan Adanya Penelantaran Jemaah Umrah

Plt Kasubag TU Kemenag OKU Fahrul Amin

Baturaja, Sumselupdate.com  – Dugaan kasus penelantaran 15 jamaah umrah oleh Damtour Travel haji dan umrah Baturaja, semakin terkuak.

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan komering Ulu (OKU), membantah adanya keterlibatan pihaknya dalam kasus itu.

Bacaan Lainnya

Namun, pihak Kemenag OKU membenarkan adanya dugaan penelantaraan 15 jemaah umrah asal Kabupaten OKU oleh biro perjalanan umrah Damtour itu.

“Kejadian itu ulah oknum di biro itu sendiri. Jadi kalau ada informasi, ada pegawai Kemenag terlibat itu tidak benar,” kata Plt Kasubag TU Kemenag OKU Fahrul Amin saat dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya Selasa, (2/5/2017).

Sebab kata Fahrul, jika pegawai di lingkungannya dilarang keras untuk ikut andil di dalam agen travel.

“Kita tidak boleh terlibat di dalam agen travel. Itu sudah masuk dalam pelanggaran. Namun biasanya saat ada warga yang menanyakan di mana tempat mendaftar umrah, biasa pegawai menyarankan seperti itu,” ungkapnya.

Kemenag sendiri, kata dia, tugasnya hanya memberikan rekomendasi biro perjalanan untuk membuat paspor. “Selain itu, kita tidak ada sangkut pautnya lagi termasuk dengan dapur biro tersebut,” terang Fahrul.

Ke depan, tambahnya, pihak Kemanag akan lebih selektif dalam urusan agen travel. Betapa tidak, Kemenag tidak ingin kecolongan lagi, karena kejadian seperti ini sudah sering terjadi di OKU dan biasa dilakukan oleh oknum pimpinan agen tersebut.

“Kita mengimbau jika warga OKU ingin melaksanakan ibadah umrah, pastkan track record agen tersebut, carilah agen yang memang benar-benar memberangkatkan umrah,” katanya.

Disinggung kenapa Damtour yang memiliki izin resmi, termasuk dari Kemenag bisa berlaku (dugaan penelantaraan jamaah -red) seperti itu? Fahrul menjawab, “Ini bagian dari evaluasi kita, sebab ini ulah oknum travel,” pungkasnya.

Sebelumnya, pihak travel sendiri belum bisa dikonfirmasi. Kantor travel itu yang berada di depan kantor BPJS OKU tertutup rapat, tak ada aktivitas sama sekali.

Pantauan portal Sumselupdate.com tutupnya kantor travel haji dan umrah itu terjadi sejak beberapa hari terakhir. (wid)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.