Kejagung: 13 Kasus Vaksin Palsu Lengkap

Ilustrasi Vaksin

Jakarta, Sumselupdate.com – Kejaksaan Agung menyatakan tiga berkas perkara vaksin palsu telah lengkap atau P21, yakni berkas atas nama tersangka Mirza, Irnawati dan Sutarman.

“Dalam kasus ini, peran ketiga tersangka, yakni Irnawati sebagai pengepul botol bekas, Sutarman dan Mirza sebagai distributor vaksin palsu ke rumah sakit dan bidan,” kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Agung Setya di Mabes Polri, Jakarta, seperti dilansir antaranews.com, Selasa (4/10/2016).

Bacaan Lainnya

Agung mengatakan penyidik telah mengirimkan seluruh berkas perkara tersangka vaksin palsu yang sebanyak 23 berkas perkara ke Kejaksaan Agung sejak September 2016.

Total tersangka yang diamankan dalam kasus ini berjumlah 25 orang, yakni enam tersangka selaku produsen, sembilan sebagai distributor, dua tersangka selaku pengumpul botol, satu tersangka sebagai pencetak label, dua tersangka berprofesi bidan dan lima tersangka berprofesi dokter.

Dalam kasus ini, diketahui ada empat komplotan. Satu jaringan dengan delapan tersangka, yakni Sugiarti, Nuraini, Ryan, Elly, Syahrul, dr Indra, dr Harmon dan dr Dita.

Jaringan kedua, yakni Agus, Thamrin, Sutanto, dan dr Hud. Jaringan ketiga terdiri dari tujuh tersangka, yakni Rita Agustina, Hidayat, Sutarman, Mirza, Suparji, Irna, dan Irmawati.

Jaringan keempat terdiri atas enam tersangka, yakni Syahfrizal, Iin, Seno, M Farid, dr Ade, dan Juanda.

Seluruh tersangka dijerat dengan UU Kesehatan, UU Perlindungan Konsumen, dan UU Tindak Pidana Pencucian Uang dengan ancaman hukuman di atas 10 tahun penjara. (pto)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.